Review - Watch Dogs, Open World Hacking yang perlu banyak perbaikan

Watch Dogs, Open World Hacking Yang Asik Tapi Perlu Banyak Perbaikan !

Watch Dogs, salah satu franchise dari Ubisoft yang menawarkan gameplay Open World dengan tema Hacking yang menarik untuk kita mainkan. Pertama kali saya mendengar game satu ini, saya langsung berfikir ini adalah game yang menarik dimana Open Word bertemu dengan kemampuan hacking dari karakter yang kita mainkan, sungguh sesuatu yang menarik perhatian saya.

Menceritakan Aiden Pearce, seorang hacker hebat yang baru saja mengalami tragedi di keluarganya. Ia ingin balas dendam kepada siapa yang telah menyakiti keluarganya dan membunuh keponakannya. Dengan menggunakan kemampuan hacking yang ia miliki juga memanfaatkan ctOS yang diterapkan di Chicago, ia dapat mengkontrol seluruh infrastruktur Chicago untuk membalaskan dendamnya. lalu bagaimana kelanjutan cerita Aiden? bagaimana nasib Aiden? dan siapa pelaku yang mengancam keluarga Aiden yang telah membunuh keponakannya? kalian akan temukan jawabannya dengan menyelesaikan game ini.

Dilihat dari visual game yang sangat bagus, game ini tentunya membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk dimainkan di PC kalian, selain itu peta yang luas menawarkan pengalaman menjelajahi Chicago yang indah untuk kalian. Namun sayang, sistem open-world khas Ubisoft malah membuat game satu ini menjadi kurang menarik. Ya, seperti Far Cry dan Assasins Creeds, kita hanya perlu melakukan hacking pada Tower ctOS yang menjaga daerah itu untuk mendapatkan informasi seluruh side-mission yang terdapat disitu, ini terlalu mudah, dan menghilangkan tantangan juga sensasi asik dari gamenya sendiri. Menurut saya lebih menarik bila kita harus berjalan-jalan dan mencari side-mission tersebunyi dari informasi yang ada ketika hacking di daerah tersebut, lebih menantang tentunya.

Watch Dogs, Hacking while Driving
Review Watch Dogs, Hacking while Driving

Hal lain yang sedikit mengganggu saya dalam bermain adalah kenapa Aiden tidak bisa menembak ketika berkendara? hal ini penting ketika dalam kondisi kejar-kejaran dengan polisi yang brutal, membuat semakin frustasi ketika bertemu helikopter dengan sniper yang memburu. Terlepas dari itu, kejar-kejaran di Watch Dogs sangatlah seru dengan kemampuan Aiden untuk melakukan hacking pada infrastruktur kota seperti pada gerbang, blocker, traffic light, kereta yang sangat membantu untuk meloloskan diri dari kejaran polisi. Polisi yang brutal dan pengejaran yang ketat menambah sensasi ketika bermain.

Beberapa glitch masih saya temui di game ini, sepeti ketika saya kabur dari polisi dengan menaiki kereta, dengan melakukan hacking ke kereta agar langsung berjalan, kereta ini malah menabrak lalu menembus kereta lain di depannya dan membuat si Aiden tersangkut-sangkut dengan pintu kereta lain dan akhirnya terjebak di ujung belakang gerbong paling belakang tanpa bisa keluar dan memaksa saya untuk me-load ulang autosave dan mengulangi misi yang harusnya sudah selesai.

Untuk kemampuan dari Aiden Pearce sendiri bukan hanya Hacking, namun ia memiliki banyak kemampuan yang dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yang dapat kalian unlock menggunakan skill point di skill tree yang bisa didapatkan ketika level up. Tiap kemampuan yang terdapat di skill tree akan sangat membantu kalian menyelesaikan misi di awal permainan.

Watch Dogs, Hacking ctOS Box
Review Watch Dogs, Hacking ctOS Box

Satu lagi hal yang cukup mengecewakan saya adalah sistem reputation yang diterapkan di game ini tidak merubah apapun dalam permainan secara jelas, bila reputasi kita di masyarakat jelek, kita hanya akan menemukan orang-orang mengejek dan menghindar dari Aiden, sebaliknya bila reputasi kita bagus, banyak orang yang membicarakan Aiden dan kadang memfoto, hanya itu saja. Seharusnya hal ini lebih dikembangkan agar memberikan kondisi berbeda dengan adanya bar reputasi, hal yang berpotensi tapi tidak digarap dengan baik.

Yang membuat game ini membosankan adalah kita bisa dengan mudahnya mengumpulkan banyak uang tanpa perlu susah payah, cukup dengan hacking, kita bisa membeli senjata grade bintang 5, mobil berperforma tinggi dan sejenisnya, tidak menantang sama sekali, membuat gameplay menjadi terlalu mudah, baku tembak dan kejar-kejaran dengan polisi menjadi terlalu mudah, begitu juga ketika menjalankan misi.

Satu side-mission yang saya suka adalah ketika kita mendapat informasi mengenai kejahatan di kota melalui hacking, kita diminta untuk secara sembunyi-sembunyi mengintai pelaku, dan ketika terindikasi orang tersebut adalah pelakunya, kita diminta untuk mengejar dan menangkapnya, cukup menantang dan memberi kesan bahwa Aiden orang baik, menarik. Namun sayang, menurut saya sendiri misi ini masih kurang sempurna karena setelah menangkap pelaku kita tidak bisa membantu korbannya yang terkadang ketakutan, tertembak, sekarat dan sejenisnya, kita hanya bisa membiarkan korban tergeletak sekarat saja.

Watch Dogs, Driving Boat
Review Watch Dogs, Driving Boat

Bila kalian mengharapkan game dengan grafik cantik, mungkin game ini adalah salah satunya, namun untuk sensasi bermain menantang mungkin bukan game ini jawabannya. Overall, kalian bisa menikmati grafik cantiknya dengan jalan-jalan di Chicago, dan menikmati cerita utama game ini yang menarik untuk diikuti. Banyak side-mission yang bisa kalian selesaikan yang menunjukkan kemampuan hacking hebat dan melihat kehidupan NPC yang beragam dengan privasi-privasi mereka, namun terasa repetitif. Tema hacking yang tidak biasa akan membuat kalian tertarik mengikuti game ini lebih dalam apalagi dengan waktu gameplay yang ditawarkan panjang. Sayangnya kita tidak bisa merubah banyak alur cerita game ini.

Watch Dogs cocok untuk kalian penggemar game Open-World yang suka jalan-jalan dan menikmati kehebatan hacking Aiden,namun untuk kalian yang suka game dengan banyak pilihan alur cerita, mungkin game ini kurang cocok untuk kalian. Kalian bisa dapatkan Watch Dogs dengan membeli dari Steam atau langsung dari Uplay.

Review game Ubisoft lainnya : The Crew, MMO Racing Super Luas Dengan Gameplay Anti-mainstream!