Tips untuk Kalian yang Selalu Boros Kuota Internet !

Tips untuk Kalian yang Selalu Boros Kuota Internet !

Boros Kuota – Tidak bisa dipungkiri lagi, sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang, entah itu anak-anak ataupun orang dewasa. Oleh karena itu, kebutuhan akan internet yang besar memaksa kita untuk bisa mengatur penggunaan data agar tidak boros, apalagi untuk kalian yang memakai paket data untuk keperluan internetan.

Saya pun demikian, saya mengandalkan paket internet dari provider Tri yang sinyalnya bagus di kosan, dan saya sendiri juga seseorang yang aktif di internet sehingga memerlukan kuota yang besar dalam sebulan, apalagi saya juga mengurus blog sehingga saya harus benar-benar pintar dalam mengelola kuota internet saya yang terbatas.

Nah, di postingan kali ini, saya ingin sedikit berbagi nih tentang beberapa tips untuk kalian agar bisa mengatasi kebiasaan boros kuota internet. Kuota yang harusnya untuk 1 bulan, eh udah abis aja sebelum waktunya.. Tentu saja hal seperti itu tidak baik untuk isi dompet kalian bukan?

Oleh karena itu, kalian perlu nih mencoba beberapa tips dari saya berikut, silahkan di baca dan dicoba ya…

Batasi Penggunaan Data Kamu dengan Aplikasi!

Yang pertama adalah membatasi penggunaan data. Sekarang ini, mayoritas smartphone sudah memiliki fitur penghemat data dimana aplikasi yang boros data seluler yang berjalan di background task akan secara otomatis dimatikan penggunaan datanya oleh sistem. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk kalian yang boros kuota.

Selain itu, juga sudah terdapat fitur peringatan penggunaan data serta pembatasan penggunaan data yang secara default sudah tersedia di mayoritas smartphone sekarang ini. Nah, fitur ini pun juga bisa kalian aktifkan sebagai peringatan dan pembatasan untuk kalian dalam menggunakan data seluler.

Untuk kalian yang smartphone nya belum support, kalian bisa nih memasang aplikasi seperti Datally dari Google atau aplikasi resmi dari Provider kartu SIM kalian yang ada fitur penghemat data seperti MyIM3.

Coba Pilih Paket Internet Yang Membatasi Kamu, Biar Nggak Boros Lagi!

Tips ke-2 dari saya adalah, bila kalian tidak bisa membatasi penggunaan data seluler dari kalian meskipun sudah memakai pengingat dan pembatas penggunaan data, biarkan pihak provider kalian yang membatasi dirimu. Ya,  kalian coba saja membeli paket internet yang menjatah kuota internet harian kalian.

Contohnya seperti paket 32GB (2GB + 30GB) seharga 60rb dari Tri khusus pengguna Bima+. Dengan memakai paket seperti ini, kita akan dijatah kuota 1GB setiap hari selama 30 hari kedepan yang hitungannya dimulai dari hari kalian beli paket internet tersebut. Jadi kalian bisa tetap internetan selama 1 bulan tanpa takut kehabisan kuota di tengah jalan.

Langganan Paket Internet yang Unlimited Aplikasi aja!

Tidak cocok dengan tips ke-2 dari saya? coba deh kalian pakai tips ke-3 ini yaitu dengan membeli paket internet yang memberikan layanan Unlimited untuk aplikasi yang kalian suka. Kamu suka main sosmed? suka nonton Youtube? atau main Game? Nah, coba deh kalian cari paket internet yang memberikan kalian kebebasan buka aplikasi tersebut sepuasnya tanpa takut kehabisan kuota. Beberapa provider yang memiliki layanan seperti ini adalah XL dan Indosat Ooredoo, jadi coba saja kalian pilih paket mana yang cocok, kalau cocok bagus dong, kuota utama habis tapi kalian masih bisa buka aplikasi dan online dengan layanan paket aplikasi unlimited.

Boros Gakpapa yang penting bisa Chat!

Untuk kalian yang aktif di aplikasi chattingan, kalian bisa nih ambil paket internet yang menyediakan layanan unlimited untuk aplikasi chat seperti WhatsApp, Line ataupun Messenger walau kuota utamamu sudah habis. Paket seperti ini biasanya murah dan bisa dipakai selama sebulan, cocok buat kalian yang demen chattingan atau yang jualan online. Biarin kuota habis, yang penting masih bisa chattingan sepuasnya!

Tips Terakhir! Irit dengan Paket 1GB/hari cuma 1rb

Nah, buat yang pengen irit tapi terus-terusan online, pakai aja paketan dari Indosat Yellow, 1GB cuma 1rb bisa dipakai selama 24jam dihitung dari waktu kalian beli paketnya. Namun, paket ini tidak bisa ditimbun kuotanya, jadi cuma bisa 1 kali beli dan bakal bisa beli lagi kalau sudah habis waktu pemakaiannya. Dan perlu kalian tahu, paket ini akan memakan pulsa secara otomatis ketika kuota sudah habis dan masih dalam jangka waktu paket Yellow akitf, so hati-hati ya..