Apa itu Retarder ETS2?

Apa itu Retarder ETS2 ? Apa Saja Fungsi dan Perlukah Untuk Dipakai ?

Retarder ETS2 – Euro Truck Simulator 2 memang merupakan game Simulator mengendarai Truk yang sangat realistis. Bukan hanya tampilan grafis yang terlihat nyata, namun juga berbagai sistemnya yang dibuat seperti aslinya, mulai dari suara truk, kontrol, detail kabin, kerusakan dan dampaknya hingga lampu dan mesin.

Selain kontrol yang memiliki beragam pilihan kontrol, fitur mesin truknya juga sangat mendetail mulai dari upgrade mesin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kerusakan truk sesuai dengan sisi mana yang terbentur juga fitur retarder yang sebenarnya sangat membantu player dalam mengontrol truk. Ya, retarder, sayangnya banyak player yang belum tahu atau mungkin malah mengabaikan fitur satu ini.

Nah, sebenarnya apa sih itu Retarder? Lalu apa fungsinya? mari kita bahas di artikel ini…


Apa itu Retarder ETS2?

Retarder adalah fitur alternatif pada mesin dalam sistem pengereman yang digunakan oleh kendaraan berat sejenis kereta, bis dan truk. Di Euro Truck Simulator 2 sendiri, fitur retarder ini tidak terdapat di semua mesin, jadi kita perlu membeli mesin yang memiliki fitur retarder di Upgrade Shop. Biasanya, mesin dengan retarder ini memiliki harga yang lebih mahal daripada mesin lain walaupun memiliki spesifikasi sama.

Lalu bagaimana cara menggunakan sistem retarder di truk kita?

  • Retarder Otomatis
    Kita bisa mengaktifkan sistem pengereman alternatif ini secara otomatis. Cukup dengan masuk ke Option > Gameplay. Lalu tinggal kita centang Automatic Retarder. Setelah mengaktifkan pengaturan ini, Retarder akan secara otomatis aktif ketika kita melakukan pengereman dan akan non-aktif ketika kita melepaskan rem.
  • Retarder Manual
    Untuk menggunakan sistem pengereman alternatif ini secara manual, kita bisa mengatur tombol kontrolnya sesuka hati. Cukup masuk ke halaman Option di bagian key binding keyboard, lalu cari Retarder Increase (untuk menaikkan) dan Retarder Decrease (untuk menurunkan). Tingkat Retarder ini berbeda-beda di tiap merk truk yang ada di ETS2.

Kamu perlu hati-hati dalam menggunakan Retarder karena bila kamu berada dalam keadaan menikung atau di tanjakan, lalu secara tiba-tiba mengerem dalam posisi retarder tingkat 5, truk biasa saja menjadi tidak mampu bergerak atau bahkan terguling. Sehingga kamu harus memanggil 911 untuk selamatkan truk dan melanjutkan perjalanan.


Baca Juga : Tips Memulai Permainan ETS2 + Strategi Agar Cepat Kaya !

Nah, setelah kita bahas semua tentang Retarder diatas, menurut kalian bagaimana nih tentang sistem Retarder ETS2 ini? apakah sangat membantu atau malah mengganggu? Tulis pendapatmu di kolom komentar ya… Kalau kalian ada pertanyaan seputar Euro Truck Simulator 2, boleh banget nih kalian tanyakan di kolom komentar dan nantinya akan saya bahas di artikel selanjutnya..

Ngobrol bareng para gamer seputar hobi gaming kalian di FansPage kami, Cari Voucher Game murah? Cek Toko Facebook kami!

Baca artikel baru RezpectBlog langsung di Smartphone kalian tanpa perlu buka Browser !Download APK !
+