Bermain Game? Ternyata Kita Bisa Belajar Banyak Hal dari Hobi Ini !

Belajar dari Bermain Game – Stigma tentang bermain game dapat memberikan sifat buruk untuk pemainnya mungkin masih banyak dipercaya oleh masyarakat terutama para orang tua. Mungkin itu muncul di masyarakat karena terlalu banyaknya judul dan jenis game yang bermunculan. Namun sebenarnya hal itu sudah dicegah dengan munculnya sistem rating yang diberikan oleh perusahaan seperti ESRB (luar negeri) dan IGRS (Indonesia) yang bisa menjadi pegangan oleh para orang tua dalam mengontrol game-game yang anak mereka mainkan.

Namun, terlepas dari banyaknya hal negatif yang digambarkan dalam sebuah game seperti kata kotor, narkotika, pembunuhan, dsb, sebenarnya hal itu bisa mereka (orang tua) gunakan untuk memberikan gambaran seperti apa dunia nyata itu dengan edukasi yang benar. Selain itu, bermain game juga bisa memberikan banyak pengetahuan baru serta melatih kemampuan para pemainnya loh, apa saja itu? Mari kita bahas satu-per-satu…


Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Bermain Game?

Mengulang Bukan Sesuatu yang Buruk!

Mengulang, mungkin kata ini sangat tidak disukai oleh para penikmat game, benar bukan? Tentu saja benar, karena mengulang adalah kegiatan memulai dari awal sesuatu yang sudah kita kerjakan. Lalu, kenapa saya bilang mengulang itu bisa menjadi sesuatu yang bagus?

Alasannya adalah karena dengan kita mengulangi suatu kegiatan, maka kita bisa melihat kembali apa yang sudah kita lakukan sekaligus kita bisa menilai apakah itu sudah benar? apakah ada kesalahan yang kita lakukan saat itu? dan apakah ada cara yang lebih baik daripada yang sudah kita lakukan? Benar bukan?

Mungkin, dengan memahami konsep mengulang di game, kalian bisa paham apa sih manfaat mengulang sebenarnya dalam konsep kehidupan. Dan jangan cuma memahami, namun kalian juga perlu bisa mempraktikkan-nya di dunia nyata. Setuju?


Usaha Keras Pasti Membuahkan Hasil

Hal ini pasti ada di setiap game, yaitu Berusaha. Ya, ketika bermain game, kita pastinya diminta untuk berusaha sekuat mungkin untuk menyelesaikan setiap level yang terus semakin sulit hingga akhirnya kita benar-benar menyelesaikan game yang kita mainkan. Maka dari itu bermain game dapat melatih kita untuk terus berusaha dan pantang menyerah untuk mencapai hasil yang kita inginkan.

Mungkin banyak dari kalian yang pantang menyerah dan terus berusaha untuk mencapai sesuatu yang hebat di sebuah game, namun semangat itu tidak kalian gunakan di dunia nyata, kalian hanya ingin memiliki atau mencapai sesuatu namun tidak mau berusaha keras, hanya santai-santai atau mencari jalan pintas dengan meminta ke orang tua. Apa itu benar? Coba dikoreksi ya…


Uang bukanlah segalanya

Dalam sebuah game, mata uang adalah hal yang penting untuk bisa mendapatkan berbagai item untuk memperkuat karakter, tetapi tidak semuanya bisa kita dapatkan dengan uang, hal ini terlihat jelas di game RPG. Selain mengumpulkan uang, kita juga perlu memperhatikan aspek lain seperti level, status, skill dan sebagainya untuk mempermudah jalan kita dalam menyelesaikan game.

Hal ini bisa berlaku juga pada Game Online. Kata orang sih Game Online itu tidak adil karena kalau kita tidak mengeluarkan uang, maka tidak akan menang (dibaca : Pay-to-Win). Tetapi, kalau game yang kita mainkan tersebut benar-benar memegang konsep Fair Play, maka sebanyak apapun kita mengeluarkan uang kita tidak akan bisa menang kalau kita tidak melatih skill bermain game kita.

Nah, dengan memahami hal ini, kita bisa belajar bahwa uang bukanlah segalanya, kita juga perlu berusaha keras untuk bisa mencapai tujuan yang kita inginkan.


Berpikir dan Membaca Situasi

Ketika bermain game, sering kali kita bertemu dengan suatu tantangan yang sulit atau membingungkan. Jangan putus asa dulu dan menyerah, karena pada saat itu lah kemampuan dalam berpikir dan membaca situasi diperlukan. Pada saat seperti itu, kalian perlu melihat celah kecil yang bisa kita manfaatkan untuk menyelesaikan tantangan tersebut.

Lihatlah sesuatu dari sisi lainnya, baca petunjuk-petunjuk tersembunyi di dalam game dan temukan jalan keluar yang mungkin tidak terpikirkan oleh kalian. Hal ini justru menarik dan menantang untuk kita pecahkan.


Membaca itu Sangat Bermanfaat

Hal ini sering kali disepelekan oleh player. Mungkin menurut kalian membaca tulisan di dalam game ketika panduan, percakapan ataupun menyimak cutscene itu sangatlah membosankan dan menghabiskan waktu. Tapi sebenarnya hal itu sangatlah penting agar kita bisa memahami apa yang ingin disampaikan oleh game, entah itu alur cerita, bantuan dalam menyelesaikan misi atau petunjuk tertulis yang hanya disampaikan ketika percakapan saja. So, biasakanlah membaca ya..


Memahami kelebihan dan kekurangan

Dalam game, memahami kelebihan dan kekurangan dari karakter yang kita mainkan adalah hal yang penting, karena dengan memahami status karakter kita, kita bisa memanfaatkan kelebihan dan menutupi kekurangannya, serta kita juga bisa mengembangkan potensi dari karakter tersebut untuk mendapatkan kemampuan yang lebih hebat.

Hal ini juga bisa kita gunakan di diri kita sendiri di dunia nyata, dengan memahami plus minus diri kita, kita bisa jadi lebih mengenal diri sendiri serta bisa mengembangkan potensi diri kita. Sama halnya yang kita lakukan di dalam game untuk karakter kita.


Jangan Gegabah! Persiapan Itu Perlu!

Ketika bermain game, kita perlu benar-benar memperhatikan perkembangan karakter serta perubahan pada tiap level yang makin sulit, maka dari itu kita tidak boleh gegabah dan harus bisa menyiasati seluruh perubahan yang ada dengan cara tidak boleh terlalu terburu-buru dan gegabah dalam bermain, kita harus pertimbangkan seluruh kondisi dan mempersiapkan item, skill dan build status yang terbaik untuk karakter kita.

Dari pengalaman bermain seperti ini, kita jadi bisa paham bahwa segala sesuatu itu memerlukan persiapan. Oleh karena itu, mulai sekarang, kita perlu bersiap untuk menghadapi masa depan yang ingin kita tuju dengan belajar dan mempersiapkan diri sesuai dengan apa yang nantinya mungkin diperlukan.


Nah, setelah kalian membaca pembahasan diatas, bagaimana opini kalian tentang kebiasaan atau hobi Bermain Game ini? Tulis di kolom komentar ya..

Namun, Bermain Game juga perlu dikontrol, jangan malah setelah kalian membaca ini, kalian jadi terus-terusan main game sampai lupa waktu ya. Main game itu juga ada batasnya agar tidak memberi dampak buruk seperti kecapaian, pusing, sakit kepala hingga mata minus.