Menu Tutup
Vortex - Mod Manager Baru dari NexusMods

Vortex, Mod Manager Baru dari NexusMods, Pasang Mod Makin Mudah!

Vortex – NexusMods merupakan salah satu situs dan forum komunitas game yang berfokus pada game-game yang bisa dimodifikasi oleh para pengguna. Yang menjadi ciri khas dari NexusMods adalah mereka menyediakan tool sendiri untuk para penggunanya sehingga mereka bisa menggunakan berbagai modifikasi yang dibagikan di situs ini dengan mudah tanpa perlu memasang mod secara manual.

Untuk kalian yang sudah tidak asing dengan modifikasi game, terutama game genre RPG seperti The Witcher, Fallout dan Elder Scrolls series (Skyrim, Oblivion, dsb) pastinya kenal dengan tool populer dari NexusMods, yaitu NMM (Nexus Mod Manager). Namun sekarang, NexusMods sudah merilis Mod Manager baru bernama Vortex dengan berbagai fitur baru dan juga berbagai kelebihan yang tentunya agar para pengguna lebih mudah dan lebih nyaman dioperasikan.

Vortex, Mod Manager Baru Nexus !

Vortex sebagai pengganti Nexus Mod Manager dibekali dengan berbagai pembaruan baru yang sangat banyak, mulai dari tampilan hingga fitur-fitur baru yang lebih memanjakan penggunanya. Kira-kira, apa saja yang baru di Vortex dan apa sih sebenarnya yang membuatnya berbeda dari NMM? mari kita bahas satu per satu disini.


User Interface Baru

Sepertinya, NexusMods ingin merubah total wajah mereka, bukan hanya tampilan websitenya saja, namun juga Mod Manager miliknya. Itulah yang menjadi kesan pertama saya setelah mencoba tool baru mereka ini. Vortex hadir dengan tampilan yang sangat fresh dengan interface yang lebih friendly dan mudah digunakan.

Membawa gaya tampilan yang lebih simple dan flat, Vortex hadir dengan penataan menu yang rapi, kita bisa dengan mudah menemukan menu yang ingin kita pakai. Dengan UI baru ini, saya merasa jadi lebih mudah ketika ingin mengelola ratusan koleksi mod saya di Mod Manager baru ini.


Banyak Tools? Tenang!

Buat yang suka modifikasi game, tentunya kalian perlu banyak tools yang digunakan dong. Nah, di Mod Manager baru dari NexusMods ini kalian tidak perlu pusing mencari lokasi tool yang kamu perlukan di Disk, cukup daftarkan Toolmu ke Vortex, setelah itu kamu bisa membuka tool tersebut dengan klik icon di Dashboard dengan mudah. Nggak perlu lagi deh menjelajah File Explorer untuk cari tool yang diperlukan…


Download Mod Lebih Cepat ! (Drag n Drop Link)

Saya rasa, fitur satu ini adalah salah satu terobosan paling berpengaruh dari NexusMods. Ya, mereka menambahkan fitur Drag n Drop link mod dari situs mereka ke aplikasi yang sangat memudahkan pengguna bila ingin download modifikasi, apalagi jika di halaman mod tersebut belum ada button Vortex atau NMM. Kita tinggal block dan tarik linknya ke kolom Drop File’s dan mod otomatis terdownload dan langsung masuk ke Vortex (ga perlu lagi memasukkan secara manual).


Mengelola Mod Lebih Mudah

Berbeda dengan tampilan daftar mod di NMM, Mod Manager baru ini memiliki tampilan yang lebih ringkas, lebih rapi dan lebih nyaman digunakan. Dengan tampilan list yang menyediakan dropdown button untuk mengatur status mod (activate, disable, uninstall) di kiri dan dropdown button satu lagi untuk mengelola file mod di kanan (remove, buka folder, dsb), kita bisa lebih mudah dalam manajemen koleksi kita.


Pusing dengan Load Order? Beh, Sekarang Mudah Banget!

Siapa yang pusing mengatur Load Order dari ratusan mod yang sedang digunakan? pastinya banyak yang kesulitan dengan hal ini (termasuk saya dulu). Nah, sepertinya NexusMods mendengar keluhan para penggunanya sehingga mereka membuat fitur baru di Vortex untuk mengecek konflik antar mod serta fitur untuk menata load order mod sesuai pilihan pengguna.

Dengan fitur ini, kamu akan mendapat notif bila ada mod yang konflik serta meminta kalian untuk membuat keputusan dalam memilih mod mana yang ingin di load lebih dulu, dan mod mana yang akan di load belakangan. Membantu banget deh fitur baru ini!


Buat Profil untuk Save Game dan Mod yang Digunakan

Kabar baik nih! buat kamu yang punya banyak Save Game di game yang disupport oleh NexusMods, sekarang kamu bisa membuat profil khusus untuk setiap savegame kamu! Di profil ini, kamu bisa memilih mod mana saja yang dipakai serta bagaimana susunan load ordernya bisa kamu atur disini. Mantab ya…


Bagaimana menurutmu setelah membaca pembahasan diatas, ingin tetap dengan Mod Manager lamamu? (Mod Organizer, NMM, dsb) atau ingin ganti dengan Vortex? Bila ingin mencoba Mod Manager baru ini, kamu sudah bisa mendownloadnya secara gratis di halaman download resmi NexusMods.

Untuk menggunakannya, kamu perlu login ke akun kamu terlebih dahulu dan memberi akses akun untuk digunakan di dalam aplikasi Vortex. Kalau bingung silahkan tanya-tanya di kolom komentar. Kamu juga boleh tulis opini kalian tentang tulisan ini loh, pasti akan admin jawab. Thanks dan semoga bermanfaat ~!

Related Posts