Menu Tutup
Valhein - Kritik untuk Player AOV

Kritik Untuk Pemain AOV (Arena of Valor) Indonesia !

Jujur, saya sendiri adalah player setia Arena of Valor yang memang belum terlalu hebat dalam bermain. Walaupun begitu, melihat komunitas pemain yang cukup rusak, terutama mereka yang suka menghujat dan sok hebat di group maupun di dalam game, saya merasa miris dan kasihan.

Oleh karena itu, melalui postingan ini, saya berharap bisa sedikit memberi masukan yang bermanfaat untuk mereka agar menjadi pemain yang lebih baik lagi. Saya tidak bermaksud untuk menggurui atau sok benar dan sok hebat, saya hanya ingin sedikit sharing dan mengeluarkan keluh kesah saya sebagai salah satu pemain aktif AOV Indonesia.

Langsung saja, disini saya memiliki 3 poin penting yang ingin saya utarakan kepada para pemain Arena of Valor Indonesia. Silahkan kalian baca dan saya harap bisa dipahami.


Jangan menghujat para pemain baru!

Valhein - Kritik untuk Player AOV
Valhein – Kritik untuk Player AOV

Kedatangan pemain-pemain baru merupakan salah satu tujuan publisher game terutama game online yang memang memerlukan banyak pemain agar game tersebut menjadi seru dan layak dimainkan. Lalu kenapa kamu sebagai salah satu pemain aktifnya malah menghujat mereka player baru (newbie / beginner) ini? Kalau masalahnya adalah mereka belum paham cara bermainnya memang wajar karena mereka baru mulai bermain AOV. So, kenapa tidak malah memandu mereka agar lebih cepat mengenal AOV?

Saya berharap kalian sebagai pemain AoV yang lebih senior bisa mengajari mereka yang pemain baru mencoba atau baru belajar bermain AOV agar mereka merasa diterima dan bisa betah menikmati pertarungan di Arena Antaris. Garena sendiri sebagai publisher sudah memfasilitasi untuk para beginner dengan memberi banyak Hero Gratis, hadiah-hadiah menarik juga panduan yang lengkap dengan Voice dan Petunjuk yang jelas, so kalian sebagai sesama player juga harusnya mensupport mereka agar AOV tetap rame, tapi rame dalam arti seru, asik dan kompetitif bukan rame menghujat, rame kata-kata kotor, dan rame akan masalah antar player.


Menghina Tier Rendah (Bronze, Silver, Gold dan Platinum)

Rank Gold - Kritik Untuk Player AOV
Rank Gold – Kritik Untuk Player AOV

Ini juga merupakan salah satu hal yang sering saya dengar dari para pemain AOV, yaitu menghina mereka yang masih Tier Rendah. Yang biasa dihina adalah player yang ranknya ada di antara Bronze hingga Platinum. Memang sistem Tier ini dibuat untuk peringkat serta apresiasi untuk para pemain yang hebat, namun tidak terus menjadi hinaan, caci maki dan sebagainya.

Bila kamu bertemu dengan mereka yang tier-nya masih rendah, bukankah lebih baik kalau kamu membantu dan mengajari mereka cara bermain yang baik, bagaimana membuat arcana sesuai playstyle dan sebagainya. Dengan begitu kita bisa memiliki komunitas AOV yang baik dan ramah akan pemula sehingga banyak pemainnya.

Kalaupun merasa tidak bisa membantu mereka, kamu masih bisa kok kontribusi dengan sharing build, sharing tips trik, dan sejenisnya sehingga apa yang kamu bagi itu bisa digunakan oleh player lain untuk referensi dia ketika belajar bermain AOV. Sekalian cari pahala juga kan berbagi hal yang positif seperti ini…


Kurangi Ngomong Kasar ! Apa sih manfaatnya?

Toxic Player - Kritik Untuk Player AOV
Toxic Player – Kritik Untuk Player AOV

Kalau masalah yang satu ini sih bukan hanya di komunitas pemain AOV ya, tapi ini sudah menjadi masalah semua penikmat game. Hehe… Tapi saya rasa memang perlu bagi kita untuk mengurangi penggunaan kata-kata kasar walaupun sebenarnya hal ini kita lakukan untuk mengungkapkan kekesalan kita ketika sedang bermain game.

Saya rasa, pengungkapan atau pengekspresian rasa kesal kita ini masih bisa dilakukan menggunakan kata-kata lain yang lebih sopan kok, nggak perlu dengan kata-kata kasar. Karena menurut saya, apa yang anda katakan itu mencerminkan diri anda sendiri. So, mari kita perbaiki cara kita bicara dan berekspresi, bukan hanya saat main game, tapi juga di kehidupan sehari-hari.


Jadilah Lebih Terbuka

Payna - Kritik Untuk Player AOV
Payna – Kritik Untuk Player AOV

Terbuka disini bukan hanya terbuka pada pemain baru dan saling berbagi seperti yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya ya, tetapi juga terbuka dalam hal dikritik, diberi saran dan juga diingatkan. Kenapa harus terbuka dengan hal-hal tersebut? karena dengan menerima kritik dan saran juga menerima ketika diingatkan, kita bisa bercermin, memahami seperti apa diri kita, sehingga kita bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

Pastinya kalian juga tahu lah apa yang saya maksudkan disini. Banyak contohnya di lapangan (di forum dan di dalam game) ketika kita memberi tahu, mengingatkan atau memberi saran kepada pemain lain (saat pick hero ataupun saat match berlangsung), bukannya mereka menerima atau menolak dengan baik, eh malah emosi atau ngegas, dan keluarlah kata-kata kasar dan nama-nama hewan, juga kalimat makian yang bikin kita sakit hati.


Ya mungkin itu beberapa kritik dan masukan saya kepada para pemain Arena of Valor Indonesia, semoga bisa tersampaikan dengan baik sedikit keluh kesah saya mewakili teman-teman sesama pemain yang merasakan hal yang sama, yaitu komunitas pemain AOV yang kurang menyenangkan.

Saya harap mereka yang masih egois, emosian dan suka ngatain orang bisa berubah setelah membaca tulisan saya ini. Karena sebenarnya, komunitas yang baik bisa terwujud bila mereka yang ada didalamnya bisa terus berbuat dan berbagi kebaikan tersebut. Percuma kalau juga kalau gamenya bagus, publishernya baik tapi playernya rusak.

Baca Juga :

Akhir kata, Semoga Tulisan Ini Bermanfaat ~!

Related Posts