Menu Tutup
Dinginkan Panas Komputer dengan cara Undervolt ! - RezpectBlog

Dinginkan Komputer/Laptop Kamu dengan Undervolt!

Panas yang berlebih pada komponen komputer/laptop seperti prosesor bukanlah hal yang baik. Ada banyak dampak negatif yang dapat ditimbulkan, mulai dari rasa tidak nyaman, timbulnya rasa khawatir akan berkurangnya masa pakai komponen, atau bahkan dampak yang bisa langsung kita rasakan, yaitu Thermal Throttling!

Terus, gimana dong caranya mengatasinya? Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan Undervolt. Undervolt bisa di artikan menurunkan voltase hingga ke titik minimum Prosesor dapat berjalan dengan stabil tanpa adanya gangguan kestabilan sistem. Cara undervolt kek gimana sih?

Cara Melakukan Undervolt

Di sini kita akan gunakan tool Intel XTU , cara ini hanya bisa dilakukan untuk Prosesor Intel.

Download dan install tool tersebut, kemudian buka dan langsung pilih menu “All Controls” yang ada di sebelah kiri. Tampilannya akan tampak seperti ini.

Di halaman tersebut, nilai yang harus anda rubah adalah bagian “Core Voltage Offset“. Turunkan nilainya sebanyak -0.010, namun rata-rata anda dapat langsung menurunkan ke angka -0.100. Setelah diturunkan, klik Apply dan jalankan “Stress Test” yang ada di menu sebelah kiri, selama 10-15 menit.

Apabila komputer/laptop tidak restart secara mendadak hingga proses Stress Test selesai, lanjutkan dengan mengurangi nilai Core Voltage Offset dan lakukan Stress Test kembali. Ulangi langkah ini sampai komputer/laptop restart secara tiba tiba.

Sebagai contoh, jika komputer/laptop restart secara tiba-tiba saat Stress Test dengan nilai Core Voltage Offset -0.160, maka nilai minimumnya adalah nilai sebelum -0.160, yaitu -0,150 atau bisa juga -0.155. Setelah mendapatkan nilai minimum, lakukan Stress Test dengan durasi 1-3 jam dan jalankan program yang menggunakan resource CPU besar seperti Game setelah Stress Test terakhir selesai. Apabila komputer/laptop masih restart secara tiba tiba, kurangi terus nilai minimum (-0.160 > -0.155 > -0.150 dan seterusnya) hingga sistem berjalan stabil tanpa restart secara mendadak.

Itu dia tips dan langkah-langkah menurunkan temperatur laptop dengan melakukan undervolt, Semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar dan share ke teman-temanmu jika kamu merasa artikel ini membantu.

see ya~!

Related Posts