Menu Tutup
Jetpack by Automattic WordPress

Cara Mengatasi Error Pada Pengaturan Plugin Jetpack di WordPress

Plugin Jetpack – WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan oleh pemilik website di dunia. Selain karena user interface-nya yang nyaman dan mudah dioperasikan, WordPress juga memiliki fitur Plugin yang sangat memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur tambahan dari para pengembang.

Namun, dari berbagai kelebihan WordPress yang beberapa sudah saya singgung diatas, ada juga masalah yang cukup mengganggu para penggunanya. Salah satunya adalah Error Pengaturan Jetpack yang merupakan plugin resmi dari WordPress sendiri.

Error ini kerap kali muncul ketika kita ingin merubah pengaturan pada plugin Jetpack yang dimana menyebabkan pengaturan yang sudah kita ganti menjadi tidak tersimpan.


Baca Juga : Pengaman Link ini Bisa Hasilkan Duit dengan CPM Tinggi !


Penyebab Munculnya Error

Dari informasi yang saya dapatkan, Error pada plugin Jetpack WordPress ini muncul karena terjadi konflik antar plugin yang aktif sehingga membuatnya tidak dapat bekerja seperti seharusnya.

Nah, lalu plugin apa saja yang dapat membuat plugin Jetpack terganggu? Dari informasi yang saya dapat ada beberapa plugin yang mempengaruhi, diantaranya :

  1. Plugin Keamanan (Cerber Security, Ninja Firewall, dsb). Berbagai plugin yang dapat memblokir akses situs kamu ke file XML-RPC. Kenapa? karena Jetpack menggunakan XML-RPC agar dapat berkomunikasi dengan servernya.
  2. Minify Engine W3 Total Cache atau plugin sejenisnya dapat mengganggu pengalaman menggunakan plugin lain yang sedang aktif.
  3. Plugin lain yang tidak kompatibel dengan Jetpack. Untuk melihat daftar lengkapnya kamu bisa cek di halaman “Known Issues” berikut.

Baca Juga : Yuk Pakai Disqus, Plugin Komentar Terbaik untuk Blog Kalian !


Cara Mengatasi Error Plugin Jetpack

Untuk mengatasi masalah Error Pengaturan Jetpack ini, kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini yang mungkin bisa memperbaiki masalah yang ada :

  1. Matikan plugin yang mungkin bermasalah
  2. Bila kamu menggunakan plugin seperti W3 Total Cache, coba kamu ganti pengaturannya atau ganti dengan plugin cache lain.
  3. Bila kamu pakai plugin keamanan seperti Cerber Security, Ninja Firewall, iThemes Security atau sejenisnya, coba kamu ubah pengaturannya agar plugin tersebut tidak memblokir akses situs ke file XML-RPC.

Baca Juga : Plugin Wajib Pasang Untuk Kamu yang Aktif Berselancar di Internet !


Semoga beberapa solusi diatas dapat membantu kalian dalam mengatasi masalah yang terjadi pada plugin Jetpack kalian. Bila ada pertanyaan seputar hal ini, silahkan bertanya di kolom komentar dibawah. Mari kita berdiskusi bersama dan belajar bersama tentang CMS WordPress. Semoga Bermanfaat ~!

Related Posts