Menu Tutup

Convert Video Lebih Cepat dengan Bantuan VGA

Kalian yang suka download video atau film dari internet pasti pernah kesel karena dapat file video dengan ukuran gajah yang makan ruang penyimpanan kalian. Apalagi niatnya download, terus di pindahin ke HP yang punya penyimpanan lebih kecil dari komputer/laptop. Atau mungkin juga bagi kamu para gamer yang suka record aktivitas gaming lalu mau di upload ke YouTube atau media sosial sebagai konten atau sekedar nunjukin skillBesarnya ukuran file video hasil record pastinya menjadi halangan buat kalian yang punya kecepatan internet lambat layaknya keong sawah.

Dari kendala di atas, pastinya kamu akan berpikiran untuk meng-convert videonya dengan tujuan ukuran file bisa menjadi lebih kecil. Tapi lagi-lagi ada kendala waktu, karena lamanya proses transcoding yang disebabkan spesifikasi komputer/laptop yang digunakan kentang (baca : spek rendah).

Nah, bagi kalian yang punya komputer dengan kartu grafis bagus (Nvidia atau Radeon), kamu bisa sedikit tersenyum karena kartu grafis yang ada di komputer-mu ini bisa dimanfaatkan untuk membantu proses transcoding video agar prosesnya menjadi lebih cepat.

Tapi sayangnya, tidak semua video converter sudah mendukung fitur transcoding dengan bantuan VGA. Di pembahasan ini, kita akan menggunakan aplikasi A’s Video Converter yang sudah mendukung fitur tersebut. Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Kalian hanya perlu drag and drop file video yang ingin di convert ke interface A’s Video Converter. Tapi kamu perlu perhatikan untuk settingannya, simak penjelasan berikut…


Setting

*Note : Aplikasi ini membutuhkan Codec Pack tambahan yang bisa anda dapatkan di sini .

Pada menu paling atas, pilih Setting > GPU Setting. Pastikan kalian sudah memilih VGA yang akan kalian gunakan seperti gambar di bawah ini.

Kemudian klik Setting > Transcode Setting. Pada pilihan Encoder, ubahlah ke “NVIDIA NVENC H.265(atau H.264) Encoder” jika anda menggunakan vga nVidia. Jika anda menggunakan VGA AMD, pilihan yang muncul akan bertuliskan “AMD VEC H.265(atau H.264) Encoder“. Untuk kalian yang belum tau perbedaan H.265/H.264 Encoder, kalian bisa membacanya di sini.

Kalian juga harus mengatur besaran bitrate dan buffer size video. Semakin besar bitrate video, semakin baik pula kualitas video hasil convert, tetapi semakin besar pula ukuran file nya. Jika kalian menginginkan ukuran yang lebih kecil dari video aslinya, maka aturlah bitrate dengan angka yang lebih kecil dari video aslinya. Bitrate file video bisa dilihat dengan klik kanan file video > properties > detail.

Contoh. Besar bitrate harus di atur sesuai target kualitas, dan besar file.
Contoh. Besar bitrate harus diatur sesuai target kualitas, dan besar file.

Kalian juga bisa mengubah ukuran resolusi video pada menu Setting > Transcode Setting > Filter. Centang kotak kecil di sebelah “Hardware Video Processor“, dan klik setting di bawah tulisan tersebut.

Setelah kalian mengatur semuanya yang dibutuhkan, kalian bisa memulai proses convert dengan klik tombol “Start”.

Dapat dilihat perbedaan waktu yang dibutuhkan antara transcoding dengan bantuan VGA dan tidak.

Transcoding dengan bantuan VGA
Transcoding tanpa bantuan VGA
Transcoding tanpa bantuan VGA

Demikian pembahasan kita kali ini. Jika kalian ada kebingungan, kalian bisa bertanya di kolom komentar, atau hubungi kami melalui media sosial yang ada.

See ya~

Related Posts