Menu Tutup
Tren Teknologi Tahun 2019

Inilah Tren Teknologi Indonesia Tahun 2019 Mendatang !

Tren Teknologi 2019 – Bicara tentang teknologi, tentunya kita bicara soal inovasi baru yang dapat bermanfaat dalam membantu pekerjaan manusia. Dan perkembangan dari teknologi sendiri sangat cepat dan dapat merubah pola kerja suatu organisasi atau perusahaan demi memenuhi kebutuhan.

Di negara kita sendiri, Indonesia, mulai banyak teknologi baru yang coba diterapkan untuk mewujudkan konsep digital life di negara tercinta. Hal ini sangat terlihat karena banyaknya perusahaan digital yang tertarik dengan negara kita seperti Google dan Alibaba.

Lalu, apa saja teknologi yang akan menjadi tren baru di Indonesia pada tahun 2019 nanti? Berikut adalah pembahasannya…


Tren Teknologi Indonesia di 2019


Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence atau biasa disingkat menjadi AI adalah sebuah teknologi yang dibuat untuk membantu pekerjaan penggunanya. AI bekerja layaknya manusia seperti berbicara, membaca, dan mengenali sesuatu. Dengan kemampuan tersebut, AI dapat mengetahui apa yang harus ia lakukan untuk memenuhi permintaan penggunanya.

AI bekerja sambil terus mempelajari kebiasaan pengguna melalui tulisan, bahasa, lokasi, hingga riwayat dari pengguna sehingga dia dapat bekerja dengan lebih baik, lebih akurat dan lebih cepat.

Para analis bidang teknologi telah memprediksikan bahwa tidak lama lagi teknologi AI akan digunakan pada hampir seluruh software yang ada saat ini. Teknologi AI digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui apa yang disukai penggunanya sehingga mereka dapat membuat produk yang sesuai dengan permintaan pelanggan.


Baca Juga : Google Contacts, Cara Aman Simpan Kontak Tanpa Takut Hilang !


Augmented Reality

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara Real-Time 3D Vision dengan suara, sensor sentuh, lokasi bahkan hingga sensor lain seperti sensor bau sehingga memungkinkan pengguna untuk merasakan dirinya berada di suatu tempat lain secara virtual. Pengguna dapat berinteraksi dengan apa yang ada di sekitarnya secara real-time dengan teknologi AR ini.

Sudah banyak organisasi dan perusahaan yang menerapkan teknologi ini di berbagai bidang seperti seni, hiburan, dagang, edukasi hingga militer. Sebagai contoh, teknologi AR ini telah digunakan untuk melatih para dokter, perawat, guru dan polisi di beberapa negara sehingga mereka dapat merasakan praktik langsung secara virtual.


Blockchain

Keuntungan menggiurkan yang ditawarkan oleh mata uang digital Bitcoin sepertinya menarik perhatian banyak publik terhadap teknologi Blockchain. Tetapi keamanan sistem dalam mencatat, verifikasi transaksi dan menyimpan data malah berpotensi mengganggu berbagai potensi perusahaan.

Alasan kenapa sebuah perusahaan mengganti sistemnya dengan teknologi Blockchain adalah untuk mengganti sistem yang memakan waktu (take much time), terpusat (centralize), kurang dapat diandalkan, dan kurang aman.

Salah satu contohnya adalah platform demokrasi digital MyVite, mereka menggunakan sistem Blockchain untuk menyimpan data user dan juga riwayat suara. Hal ini bertujuan untuk memberikan keamanan data serta memberikan akses kepada masyarakat untuk memberikan suara mereka lebih mudah dalam proses politik (pemilu).


Bagaimana menurutmu tentang beberapa teknologi diatas? Mungkinkah akan menjadi tren di tahun 2019 mendatang? Tulis opini kamu di kolom komentar ya…

Ikuti kami juga di Facebook dan Instagram biar kamu tidak ketinggalan informasi teknologi dan game kekinian dari kami.