Menu Tutup
Membuat Blog Dengan My.ID

Membuat Blog Dengan My.ID (Hosting + Domain My.ID)

Membuat Blog dengan My.ID – Memiliki sebuah situs atau blog sendiri memang bisa memberikan banyak keuntungan untuk kita, selain bisa menjadi tempat kita untuk mencurahkan isi hati dan pemikiran, blog juga bisa menjadi media berbagi dan bahkan bisa juga menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Maka dari itu, terdapat banyak pilihan platform yang memungkinkan kita membuat blog secara gratis, beberapa yang populer ada Blogger, WordPress dan Weebly. Namun, selain itu, Indonesia sendiri sekarang memiliki platform untuk membuat blog berbasis WordPress bernama My.ID. My.ID ini menyediakan satu hosting dan domain my.id gratis untuk kamu yang membuat blog pertama disini.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat blog dengan my.id? silahkan ikuti panduan berikut ini…

Panduan Membuat Blog dengan My.ID

Akun U.ID

Untuk bisa membuat blog di my.ID, kamu harus memiliki akun U.ID yang nantinya digunakan untuk mendaftarkan blog kamu. Maka dari itu, silahkan kamu mendaftar dahulu dengan ikuti panduan berikut :

  1. Kunjungi halaman pendaftaran U.ID
  2. Setelah itu, silahkan identitas atau data diri yang diperlukan seperti NIK, nomor KK, nama, tanggal lahir, email, nomor HP dan kata sandi.
  3. Jangan lupa centang persetujuan Kebijakan Layanan U.ID ya
  4. Setelah mendaftar, silahkan konfirmasi pendaftaran melalui link yang dikirimkan ke alamat email kamu
  5. Pastikan kamu dapat login ke akun U.ID dan akunmu telah terverifikasi agar bisa membuat blog di my.id

Membuat Blog my.ID

Setelah memiliki akun U.ID yang sudah di verifikasi, sekarang kamu sudah bisa membuat blog dengan my.ID. Untuk panduan lengkapnya, silahkan ikuti panduan berikut ini..

  1. Kunjungi situs my.ID
  2. Klik pada menu Masuk/Buat Blog
  3. Login ke akun U.ID yang telah kamu miliki
  4. Jika belum memiliki blog di my.id, maka secara otomatis kamu akan langsung diarahkan untuk membuat blog pertamamu dengan membuat Judul Blog dan Nama Domain (.my.id).
  5. Setelah pendaftaran blog pertama kamu di my.id berhasil, kamu akan diminta menunggu sekitar 15 hingga 30 menit untuk proses pengaktifkan blog dan domain kamu.
  6. Setelah proses selesai, kamu sudah dapat mengakses blog baru kamu dan mulai mengisinya dengan tulisan kreatif kamu.
  7. Untuk mengakses halaman administrator blog kamu, kamu cukup masuk melalui menu Masuk/Buat Blog di situs my.id.

Catatan

  • My.ID hanya menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 500MB dan batas upload gambar 1MB. Maka dari itu, bijaklah dalam upload gambar di situs My.ID kamu. Kompress dahulu sebelum upload.
  • Layanan My.ID tidak membolehkan kamu menggunakan tema dan plugin tambahan dari luar seperti yang bisa kita lakukan di WordPress Self-Host. Kamu hanya bisa menggunakan apa yang disediakan oleh My.ID.
  • Kamu dapat mengakses blogmu melalui situs my.id ataupun langsung ke www.(domainmu).my.id/wp-admin.
  • Situs My.ID tidak menggunakan Secure Socket Layer (SSL).
  • Perhatikan setiap komentar yang masuk di blog kamu karena layanan Aksimet di blog My.ID tidak bekerja.
  • Layanan Gratis Hosting dan Domain My.ID hanya berlaku untuk satu blog pertama saja.
  • My.ID telah menyediakan cukup banyak plugin yang akan membantu kamu mengembangkan blog My.ID kamu seperti Anti Spam, SEO, Visual Composer, dsb.

Itulah panduan dari saya untuk membantu kamu membuat blog dengan My.ID. Cukup gampang bukan untuk membuat blog dengan My.ID? untuk informasi, My.ID ini adalah layanan resmi pemerintah Indonesia yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai kebutuha digital kamu, entah untuk sekadar berekspresi, salurkan hobi, promosi maupun untuk mencari penghasilan tambahan dari blog.

Baca Juga :

Selamat berkarya di blog My.ID barumu~!

Related Posts