Menu Tutup
Disk Defrag - Defrag, Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Harddisk - RezpectBlog

Defrag, Cara Ampuh Mempercepat Kinerja Harddisk

Layaknya berbagai perangkat elektronik lainnya, komputer juga memerlukan perawatan atau maintenance agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu perawatan yang sering kita dengar adalah dengan melakukan Defrag atau Disk Defragmentation. Apa sih itu?

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas berbagai hal soal Disk Defragmentation ini, mulai dari istilah, cara kerja hingga manfaat dan seberapa sering kita harus melakukan Defrag kepada harddisk komputer milik kita. Maka dari itu, mari kita bahas satu per satu…

Apa itu Disk Defragmentation?

Disk Defragmentation bisa kita ibaratkan sebagai mengurutkan kembali kartu remi yang sebelumnya tersusun secar acak. Logikanya, kalau kartu tersebut tersusun secara urut dan rapi, maka kita bisa mencari kartu yang kita inginkan dengan cepat dan mudah.

Nah, hal ini juga berlaku kepada Harddisk, komponen penyimpanan komputer ini memiliki banyak blok penyimpanan yang akan terisi secara otomatis ketika kita menyimpan file atau memindahkan file. Semakin sering kita menyimpan file baru, maka semakin banyak file yang mengisi sektor dan susunannya tidak teratur.

Bagaimana Cara Kerja Defrag Harddisk?

Harddisk bekerja dengan memutar piringan magnetik untuk menyimpan file dengan pola tertentu. Saat memutar piringan tersebut, harddisk akan menulis data baru sesuai dengan urutan perintah yang dia terima. Hal ini memungkinkan data yang disimpan tidak runtut sehingga antara satu data dan data lain yang berhubungan bisa disimpan dengan jarak yang cukup jauh.

Dengan menjalankan Disk Defragmentation, data-data yang berceceran tersebut akan dikumpulkan dan diurutkan kembali sehingga nantinya sistem bisa dengan mudah dan cepat menemukan data tersebut ketika dibutuhkan. Hal ini akan mempercepat kerja komputer kamu.

Lalu, Bagaimana Cara Melakukan Defrag Harddisk?

Untuk melakukan Disk Defragmentation atau Defrag Harddisk, kamu bisa menggunakan software bawaan dari Windows. Untuk Windows baru, rata-rata secara otomatis sudah dijadwalkan untuk melakukan defrag setiap minggu, namun saya sarankan untuk tetap melakukan pengecekan dengan membuka aplikasi Defragment and Optimization Drives.

Untuk yang kurang yakin dengan aplikasi bawaan Windows, kamu juga bisa menggunakan software seperti Defraggler atau Auslogics Disk Defrag untuk memaintenance harddisk kamu.

Baca Juga :

Sekarang sudah paham dong apa fungsi Defrag atau Disk Defragmentation untuk komputer dan khususnya untuk harddisk komputermu. Maka dari itu, kita tetap harus melakukan maintenance untuk komputer kita agar tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Tentunya kalau hardware tetap awet, maka dana untuk perawatan dan penggantian komponen juga ikut menurut kan? jadi bisa hemat uang.

Terima kasih telah membaca tulisan saya ini, semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk ikuti kami di Facebook dan Instagram untuk berbagai konten menarik seputar game dan teknologi lainnya.

Related Posts