Menu Tutup
Sejarah Tombol WASD di Game PC - RezpectBlog

Sejarah Tombol WASD, Konfigurasi Kontrol Game PC

Sejarah Tombol WASD – Pengaturan tombol kontrol WASD tentunya bukanlah hal yang aneh lagi untuk kalian yang aktif atau setidaknya pernah bermain Game PC. Untuk sekarang ini, bisa dibilang semua game di perangkat komputer menggunakan pengaturan kontrol WASD ini. Tapi, apakah kamu tidak penasaran dengan sejarah kenapa WASD menjadi standar pengaturan hotkey di game PC?

Nah, kali ini, saya akan membahas sedikit tetang asal usul dari pengaturan WASD di Game PC, bagaimana konfigurasi ini bisa ditemukan dan kenapa harus WASD? bukan tombol lain di keyboard? Mari kita bahas semuanya disini…

Melihat Sejarah Tombol WASD

Thresh @Comdex (1997) – Wikipedia

Kalau ditanya siapa yang pertama kali menemukan konfigurasi untuk bermain game di komputer, tidak ada data yang pasti untuk membuktikannya, tapi ada satu nama yang bisa dibilang sebagai salah satu orang yang mempopulerkan WASD sebagai konfigurasi keyboard untuk main game, dia adalah Dennis ‘Thresh’ Fong.

Dennis ‘Thresh’ Fong adalah gamer professional pertama menurut Guinness World Record. Dia sangat ahli bermain game FPS berjudul Quake dari ID Software. Kemampuannya tersebut membawanya menjuarai turnamen Quake dengan mengalahkan Tom “Entropy” Kimzey.

Yang menarik dari Dennis ‘Thresh’ Fong adalah cara dia bermain Quake selama turnamen berlangsung. Kenapa? karena di turnamen tersebut dia bermain menggunakan konfigurasi kontrol WASD (ditangan kiri) dan Mouse (ditangan kanan). Hal ini terlihat menarik karena pada saat itu mayoritas gamer pc masih bermain dengan kontrol gerak utama di tombol panah.

Sebelum bermain dengan kontrol WASD seperti diatas, Fong juga pernah bermain game dengan tombol panah seperti gamer PC lain saat itu. Namun, setelah dia merasa terus dikalahkan saat bermain dengan adiknya, dia mulai beradaptasi bermain dengan kontrol keyboard + mouse seperti cara adiknya bermain.

Selama proses beradaptasi tersebut, dia terus bereksperimen hingga menemukan kontrol WASD keyboard + Mouse yang menurut dia paling pas. Setelah mendapatkan kombinasi WASD + Mouse ini, dia terus berlatih hingga menjadi pemain FPS professional di eranya.

Fong sendiri merasa bahwa dirinya bukanlah penemu kombinasi tombol WASD sebagai standar kontrol untuk bermain game di PC, namun kisah dan keberadaan Fong ini sangat mendorong tombol WASD untuk semakin populer dibandingkan dengan kombinasi tombol lain (ESDF, SZXC, dsb).

Setelah semakin populernya tombol WASD di kalangan Gamer PC, developer game Quake, ID Software pun menetapkan WASD ini sebagai standar kontrol keyboard di Game-game PC baru mereka. Semenjak itu, banyak developer game lain yang mengikuti standar WASD untuk kontrol gerak karakter di game pc.

Baca Juga :

Nah, setelah mengetahui sedikit kisah menarik tentang tombol WASD diatas, bagaimana menurut kalian? Apakah WASD memang cocok untuk kombinasi kontrol saat bermain game (terutama action dan FPS)? Tulis opinimu di kolom komen ya…

Related Posts