Menu Tutup
Apa itu Sistem Operasi? - Rezpectblog

Apa itu Sistem Operasi ? + Bagian, Layanan & Macamnya

Sistem Opreasi – Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya semua gadget yang kita gunakan pasti tidak akan lepas dari yang namanya Sistem Operasi. Kenapa? karena sistem operasi ini memiliki peran yang sangat penting agar gadget yang kita gunakan dapat bekerja dengan baik dan memahami perintah pengguna.

Maka dari itu, sangat penting rasanya untuk kita mengenal dan memahami apa itu sistem opreasi (SO), layanan apa yang diberikan dan bagaimana cara kerjanya sehingga kita tidak hanya menggunakan saja, namun juga paham akan fungsi dan cara kerjanya.

Mengenal Sistem Operasi

Apa itu Sistem Operasi ?

Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur Hardware dan Software, serta sebagai background process untuk berbagai program komputer. Tanpa SO, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali hanya program DOS yang berjalan pada saat booting.

Bagian SO

  1. Mekanisme Boot, yaitu proses yang meletakkan kernel ke dalam memory.
  2. Kernel, inti dari sebuah sistem operasi.
  3. Command Interpreter / Shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka / Library, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver , untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Layanan SO

  1. Program Development, menyediakan fasilitas dan layanan untuk membantu para programmer untuk menulis program baru.
  2. Program Execution, kemampuan sistem untuk me-load program ke memori dan menjalankan program yang dikehendaki user dan sistem.
  3. Access I/O Devices, layanan untuk melakukan mekanisme operasi I/O atas nama pengguna.
  4. Controlling System & File Access, SO melakuakan pengontrolan dan pengelolaan sistem serta mengatur akses file penggunanya untuk alasan keamanan.
  5. Error Detection & Response, SO mendeteksi error untuk menjaga kestabilan sistem dan hardware. Bila ada error sistem operasi akan memberi respon, penejalsan serta dampak dari error tersebut.
  6. Accounting, sistem mengumpulkan data statistik penggunaan dari berbagai macam sumber daya dan memonitor parameter kinerjanya.

Macam SO

Sistem operasi memiliki beberapa macam yang bisa kita kelompokkan. Yang pertama, kita bisa mengelompokkan SO menurut cara pengembangannya, terdapat tile SO open source dan SO closed source.

Namun, ada juga pengelompokan menurut device yang menjalankannya, disini SO dibagi menjadi tipe SO desktop (komputer & laptop) dan SO mobile (smartphone).

Pelajari lebih lanjut : Sistem Operasi Desktop & Sistem Operasi Mobile

Baca Juga :

Itulah sedikit pembahasan tentang Operating System yang semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Pengetahuan akan sangat bermafaat untuk memperluas wawasan kita sehingga apapun yang kita pelajari pasti tidak akan sia-sia. Terima kasih telah membaca~!

Related Posts