Menu Tutup
Text Editor Terbaik untuk Ngoding - RezpectBlog

4 Text Editor Terbaik untuk Ngoding !

Text Editor Terbaik – Menulis program atau istilah kerennya Ngoding merupakan kegiatan atau pekerjaan yang sangat menyita waktu dan pikiran karena aktivitas ini merupakan proses mengimplementasikan atau menterjemahkan logika di kepala menjadi baris kode perintah yang bisa berjalan di komputer. Tentunya tidak mudah untuk seorang programmer dapat melakukan hal ini setiap harinya.

Agar pekerjaan ini dapat dilakukan lebih cepat dan lebih mudah, seorang programmer pasti membutuhkan alat yang powerful yang mampu membantunya dalam menulis kode-kode program yang mereka kerjakan. Tidak hanya itu, tampilan yang nyaman dan mudah dipahami serta kontrol yang simple tentunya akan sangat menolong programmer yang umumnya selalu fokus pada papan ketiknya.

Nah, berikut ini saya memiliki beberapa rekomendasi teks editor yang cocok banget untuk kamu para programmer yang aktif menulis kode untuk menciptakan berbagai program inovasi yang akan mempermudah pekerjaan.

4 Text Editor Terbaik untuk Ngoding

Apa itu Text Editor?

Sebelum masuk ke list rekomendasi, kita bahas dulu apa itu text editor. Text Editor adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyuntingan teks secara umum.

Nah, spesifik ke pemrograman, teks editor ini sengaja dibuat secara khusus untuk menuliskan perintah-perintah yang akan menghasilkan sebuah program. Umumnya, teks editor untuk ngoding ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna seperti nomor line, hightlight sintaks, hirarki file, suggestion, search, error checker dan sebagainya.

Berikut adalah rekomendasi teks editor dari saya berdasarkan pengalaman saya dalam mencoba-coba berbagai macam teks editor yang ada di internet.

Sublime Text

Sublime Text merupakan sebuah text editor yang dirancang khusus untuk ngoding. Hadir dengan UI yang nyaman dan mudah dioperasikan serta berbagai fitur menarik yang membantu proses mengetik sintaks, Sublime Text menjadi salah satu text editor yang disukai banyak programmer.

Beberapa fitur yang menarik dari Sublime Text :

  • Goto Anywhere, fitur yang memungkinkan kamu berpindah ke file lain hanya dengan menekan beberapa tombol, kamu akan langsung berpindah ke kata, line atau simbol yang diketik.
  • Multiple Selection yang memudahkan kamu mengganti banyak kode di berbagai line hanya dengan sekali ketik.
  • Goto Definition, fitur ini akan mengumpulkan seluruh definisi sintaks dan membuat indeks dari setiap class, method dan function yang telah diketikkan.
  • Command Pallete, fitur yang menahan perintah yang jarang digunakan, mengurutkan, mengubah sintaks dan mengubah pengaturan identisasi sehingga cukup tekan beberapa tombol untuk mencari yang kamu inginkan tanpa perlu membuka menu.

Unduh aplikasi Sublime Text via link berikut ini >

Atom

Atom adalah text editor pemrograman dari GitHub yang dirancang khusus untuk kenyamanan menulis sintaks dengan user interface minimalis dan mudah untuk disesuaikan oleh pengguna. Menurut saya pribadi, Atom merupakan pesaing berat Sublime karena memiliki fitur yang berimbang dan sama-sama nyaman digunakan.

Beberapa fitur menarik dari Atom :

  • Cross-platform editing, kamu bisa kerjakan project di berbagai OS seperti Windows dan Mac.
  • Smart Autocompletion, mempercepat penulisan program dengan autocompletion yang fleksibel sehigga nggak perlu ngetik semuanya manual.
  • Multiple Panes, kamu bisa membagi beberapa panel untuk banyak file sehingga bisa membandingkan dan mengedit sintaks antar file secara langsung.
  • Buit-in Package Manager, cari dan install package yang kamu perlukan untuk membangun project, atau buat sendiri package yang kamu butuhkan di Atom.
  • Filesystem Browser, cari dan buka file dari berbagai project dengan cepat dan mudah dalam satu window.
  • Find & Replace, cari, tinjau dan replace yang kamu tulis di file atau di seluruh project.

Unduh aplikasi Atom via link berikut ini >

Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan text editor pemrograman dari Microsoft. Hadir dengan tampilan khas Microsoft, VS Code menawarkan pengalaman menulis sintaks yang nyaman dan cepat dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Beberapa fitur yang menarik dari VS Code :

  • IntelliSense, fitur ini sangat membantu kamu dalam menulis program, IntelliSense akan memberi hightlight pada sintaks serta membantu kamu menulis program dengan autocomplete dari variable, function dan imprted module yang tersedia.
  • Debugger on Editor, setelah selesai menulis sintaks, kamu bisa langsung melakukan debugging program kamu di VS Code dengan break points, call stacks, dan konsol yang interaktif.
  • Git command built-in, dengan fitur ini, kamu bisa mengerjakan projectmu bersama tim secara realtime.
  • Extension, VS Code sangat fleksibel, kamu bisa menkustom dan menambahkan berbagai ekstensi baru seperti tambahan bahasa pemrograman, compiler, tema dan sebagainya.

Unduh aplikasi Visual Studio Code via link berikut ini >

Brackets

Brackets merupakan text editor yang dirancang secara khusus untuk para web designer dan front-end developer, text editor ini berfokus pada alat visual dan support pada preprocessor.

Fitur menarik dari Brackets :

  • Inline Editor, tidak perlu banyak tab, cukup taruh cursor di ID CSS yang akan dirubah, tekan CTRL + E. Brackets akan menampilkan semua CSS selector yang berhubungan dengan ID tersebut secara inline dalam satu window.
  • Live Preview, fitur ini membuatmu terus terhubung dengan browser sehingga apapun perubahan yang kamu buat pada program, kamu bisa langsung melihat hasilnya.
  • Preprocessor Support, fitur ini akan membuat pekerjaanmu lebih cepat. Kamu bisa gunakan Quick Editor dan Live Highlight dengan file LESS dan SCSS.

Unduh aplikasi Brackets via link berikut ini >

Itulah 4 rekomendasi text editor terbaik dari saya, dari pembahasan dan penjelasan diatas, mana text editor yang menurut kamu bisa menjadi text editor terbaik atau text editor yang sesuai untuk kebutuhan kamu?

Baca Juga :

Tentunya text editor terbaik adalah text editor yang nyaman dan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Untuk mana yang lebih baik, itu kembali ke kebutuhan masing-masing, selama apa yang dibutuhkan bisa dipenuhi oleh aplikasi yang ada, maka itu sudah lebih dari cukup. Sisanya tinggal bagaimana kita menyesuaikannya. Semoga tulisan ini bermanfaat~!

Related Posts