Menu Tutup
Pengertian & Fungsi Struct C++ - RezpectBlog

Pengertian dan Fungsi dari Struct C++

Struct C++ – Menyimpan data yang diinputkan pada program yang kita buat merupakan salah satu hal yang penting agar program kita dapat berjalan dengan dinamis dan interaktif. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat program yang interaktif adalah dengan memanfaatkan fungsi variable yang bisa menyimpan data.

Nah, agar data yang tersimpan bisa lebih terkelompokkan sesuai kebutuhan, kita bisa memanfaatkan fungsi Struct yang ada di C++. Lalu, apa itu struct? dan bagai mana menggunakannya?

Struct C++

Apa itu Struct?

Struct merupakan kumpulan data yang dapat memuat banyak variable dengan berbagai macam tipe data. Cara penggunaan struct ini berbeda dengan array karena fungsi array adalah untuk menyimpan banyak data namun hanya dalam satu tipe data yang sama sedangkan struct bisa berbagai tipe data.

Penggunaan Struct C++

Dengan kemampuan Struct yang bisa menampung banyak tipe data, kita bisa memanfaatkan struct untuk menyimpan satu kumpulan data yang spesifik. Sebagai contoh sederhananya seperti kita akan membuat sebuah struct handphone dengan isi seri_hp, memori, penyimpanan, dan baterai.

Dengan data diatas, kamu bisa membuat struct seperti berikut ini :

Catatan

  • Silahkan kamu ketik ulang code diatas agar kamu bisa benar-benar memahami setiap code yang tertulis diatas karena poin utama dalam menulis program adalah paham apa yang kamu tuliskan pada program yang kamu buat.
  • Kamu bisa mengunduh source code diatas via link berikut ini.

Itulah fungsi dan cara menggunakan Struct C++. Struct ini merupakan salah satu perintah yang powerful karena mampu menyimpan berbagai variable dengan bermacam-macam tipe data. So, kamu bisa implementasikan ini untuk membuat berbagai input output data di program C++ kamu.

Baca Juga :

Selamat mencoba, selamat ngoding dan Semoga Bermanfaat~! Bila masih kesulitan memahami dan implementasikan kode diatas, silahkan bertanya via kolom komentar dibawah.

Related Posts