Menu Tutup
Optimalisasi SEO Artikel (Artikel SEO Friendly) - Rezpect Blog

Cara Optimalisasi SEO Artikel Blog Kamu !

Optimasi SEO Artikel – Menulis sebuah artikel bukan hanya sekadar untuk menterjemahkan ide atau isi pikiran ke dalam sebuah rangkaian kata yang menarik, padat dan mudah dipahami pembaca, kita juga perlu memperhatikan SEO (Search Engine Optimization) dari tulisan kita tersebut agar bisa ditemukan oleh para pembaca dengan mudah di mesin pencari.

Untuk mengoptimalkan SEO Artikel kita, diperlukan beberapa step penting yang harus kita perhatikan dan kita lakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal sehingga akan mendatangkan banyak pembaca. Lalu, bagaimana cara melakukan optimasi artikel ini? Berikut pembahasannya…

Optimasi SEO Artikel

Penentuan Keyword

Yang pertama dan paling utama dalam proses menulis artikel adalah menentukan keyword yang nantinya akan kita kembangkan menjadi postingan di blog atau web. Tentukan keyword yang akan menjadi poin utama tulisan kamu, cukup gunakan 1 hingga 3 kata saja yang sudah mencakup topik yang akan kamu utarakan di artikel. Keyword ini nanti akan menjadi kunci yang akan mebawa artikelmu tampil di Search Engine.

Kamu bisa melakukan riset kata kunci atau keyword dengan berbagai fasilitas ynag ada di internet. Dengan alat-alat ini kamu bisa melihat trend pencarian dan kamu dapat menentukan kata yang akan digunakan sebagai keyword di tulisanmu.

Contoh keyword : Cara Menulis Artikel, Memulai Ngeblog, Menulis Blog

Judul

Setelah kamu tentunkan keyword yang menjadi kunci utama dari artikel, selanjutnya kamu bisa mulai tentukan judul. Buat judul yang singkat, catchy dan menonjolkan apa yang menjadi pembahasan di tulisanmu. Pastikan pembaca langsung paham dengan topik yang kamu angkat di tulisan saat membaca judul sehingga mampu menarik pembaca ke situsmu. Kamu bisa sisipkan keywordmu ke judul agar artikel dapat masuk ke peringkat atas pencarian google.

Pastikan judul artikel kamu minimal ada 6 kata dan jangan terlalu panjang sehingga judulmu tidak terpotong saat tampil di mesin pencari.

Contoh judul :

  • 5 Rekomendasi Acara Televisi untuk Anak-Anak di 2019
  • Panduan Dasar Membuat Blog untuk Pemula

Slug / Permalink

Slug atau Permalink adalah alamat dari artikel yang telah kita buat, dengan permalink ini pembaca atau pengunjung web kita akan dapat menemukan tulisan yang telah kita posting. Nah, dengan membuat permalink yang singkat dan deskriptif kita dapat membantu pembaca agar lebih mudah dalam menemukan tulisan kita. Buatlah permalink yang singkat dan mengandung keyword artikelmu agar mudah diindeks oleh mesin pencari.

Contoh permalink yang baik :

  • domainmu.com/acara-televisi-untuk-anak-2019
  • domainmu.net/panduan-dasar-membuat-blog

Konten

Agar artikelmu dapat menduduki peringkat atas di mesin pencari, kamu juga harus memperhatikan isi atau konten yang kamu tulis. Pastikan kontenmu bagus, menarik dan memenuhi poin-poin SEO sehingga mudah di index dan mudah ditemukan oleh pembaca.

Beberapa poin yang harus kamu perhatikan adalah :

  • Isi artikel kamu minimal ada 300 kata.
  • Gunakan keyword di dalam artikel, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Gunakan keyword menyesuaikan dengan jumlah kata yang ada di artikel, 1 keyword per 100 kata.
  • Gunakan Heading (H1, H2, H3, dsb).
  • Taruh internal dan external link di dalam artikel.
  • Gunakan minimal 1 gambar yang berhubungan dengan keyword di dalam artikel.

Heading

Heading juga berperan untuk SEO setiap postinganmu. Dengan memanfaatkan heading, artikelmu menjadi lebih mudah untuk dibaca serta lebih mudah juga untuk masuk ke top page search engine. Gunakan heading untuk mempermudah pembaca dalam mencari poin-poin artikelmu, contohnya :

  • Judul : Apa Pentingnya Update Windows untuk PC?
  • H2 : Apa itu Update Windows?
  • H2 : Manfaat Update Windows
  • H2 : Cara Update Windows
  • H2 : Catatan Sebelum Kamu Update Windows

Tautan / Link

Kamu juga perlu memperhatikan link di dalam artikelmu, pastikan di setiap artikel yang kamu posting terdapat internal link dan external link, hal ini akan bermanfaat untuk menambah view, juga untuk mempermudah mesin pencari untuk mengenali dan memasukkan situsmu ke hasil pencarian mereka.

  • Internal Link : link yang mengarahkan ke halaman lain di situsmu
  • External Link : link yang mengarahkan ke halaman situs lain

Gambar

Gambar pada sebuah artikel bukan hanya sebagai pelengkap dan visualisasi dari apa yang kita bahas pada tulisan tersebut, tapi juga sebagai komponen utama untuk meningkatkan SEO dari artikel kita. Dengan adanya gambar (minimal 1 gambar saja) lengkap dengan teks altnya, kita bisa tingkatkan SEO artikel kita agar dapat naik ke peringkat atas dalam pencarian. Tentunya, dengan gambar yang menarik dan disisipi keyword menarik, kita bisa meningkatkan jumlah visitor.

Untuk contohnya kamu bisa cek featured image diatas beserta teks altnya, silahkan hover cursormu ke gambar untuk melihat teks altnya.

Deskripsi

Deskripsi singkat artikel atau biasa disebut juga dengan excerpt adalah tulisan singkat yang mendeskripsikan isi artikelmu, teks ini biasa muncul di search engine dan pratinjau link yang biasa kamu temui di sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Nah, normalnya, komponen ini akan terisi otomatis dengan paragraf teratas dari artikelmu, namun terkadang hal itu tidak akan optimal untuk meningkatkan peringkat, maka dari itu kamu perlu menuliskannya sendiri agar lebih menarik. Gunakan kata-kata yang mudah dipahami, singkat dan mendeskripsikan tulisanmu. Jangan lupa gunakan juga keyword agar lebih optimal di mesin pencari.

Lihat contohnya dengan klik link berikut ini.

Baca Juga :

Itulah sedikit penjelasan, panduan dan tips dari saya untuk Optimalisasi SEO Artikel buatanmu. Tentunya, tips ini akan semakin manjur bila diimbangi dengan research keyword dan penulisan artikel yang baik. So, pastikan kamu terus mengasah kemampuanmu dalam SEO dan juga dalam menulis. Semoga Bermanfaat~!

Related Posts