Menu Tutup
Lisensi Windows Murah Aman Nggak? - Rezpect Blog

Beli Lisensi Windows Murah Aman Nggak Sih ?!

Seperti yang kita ketahui, Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di negara kita Indonesia. Selain karena UInya yang sudah sangat familiar, Windows juga mensupport banyak aplikasi dan game yang sering digunakan di Indonesia.

Namun, ditengah populernya Windows, lisensi menjadi salah satu masalah yang umum, karena harga lisensi yang cukup mahal yang mencapai angka 2 jutaan untuk satu lisensi Windows 10 Home yang merupakan versi termurah dari sistem opreasi dari Microsoft, bisa kalian cek di situs resminya.

Hal ini membuat cukup banyak perdebatan tentang lebih baik pakai bajakan atau tetap membeli lisensi Windows. Namun, ditengah polemik ini, muncul para seller yang menjual lisensi Windows dengan harga murah, rata-rata sekitar 100 ribuan. Fenomena ini membuat banyak orang meragukan lisensi yang mereka jual, apakah ini resmi? apakah ini aman? dan sebagainya.

Baca Juga : Pengalaman Pakai Digibank by DBS – Tabungan Milenial

Maka dari itu, pada artikel kali ini saya ingin membahasnya dan memberi sedikit pencerahan untuk kalian. Nah, untuk memulai pembahasannya, saya akan menjelaskan tentang beberapa lisensi Windows yang beredar di dunia sebagai referensi untuk memahami lisensi murah yang dijual di berbagai toko online.

Macam Lisensi Microsoft Windows

Lisensi Windows OEM

Lisensi OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan lisensi Windows yang paling sering kita temui. Contoh yang paling umum adalah saat kita membeli Laptop baru dan kita langsung mendapatkan Windows original. Nah inilah yang disebut lisensi OEM, lisensi ini merupakan lisensi Windows yang menempel atau disematkan ke device secara langsung oleh pabriknya.

Nah, untuk kelemahannya sendiri, lisensi OEM ini tidak bisa dipindahkan ke device lain, namun ketika kamu melakukan install ulang Windows di laptop kamu, kamu tidak perlu melakukan aktivasi selama saat kamu install ulang kamu terhubung ke internet sehingga Windows akan langsung melakukan aktivasi otomatis selama tipe Windows yang kamu install sesuai dengan lisensi yang menempel (ex. lisensinya Windows 10 Home, maka kamu harus install versi tersebut agar langsung aktif otomatis).

Lisensi Windows Volume

Lisensi tipe Volume ini merupakan lisensi yang dikhususkan untuk bisnis dan perusahaan dimana satu lisensi ini dapat digunakan untuk banyak PC sekaligus yang jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis atau perusahaan tersebut.

Sebagai contoh yang mudah kita temui ada di lingkungan kampus dimana semua PC di lab atau ruang praktikum biasanya sudah diaktifkan menggunakan lisensi volume untuk versi Windows yang terpasang.

Lisensi Windows Retail

Lisensi Windows versi Retail merupakan lisensi yang umumnya dijual di pasaran dalam bentuk paket box berisi lisensi lengkap dengan data installler Windows sehingga setelah kita beli, kita dapat langsung memasang Windowsnya serta melakukan aktivasi.

Untuk tipe lisensi retail, kita dapat melepas lisensi dan menggunakannya pada device atau PC lain, berbeda dengan lisensi OEM yang menempel di hardware.

Baca Juga : Aplikasi Download Driver Otomatis Nggak Pake Ribet!

Lalu, Gimana dengan Lisensi Windows Murah ?

Nah, dari informasi yang saya kumpulkan dari hasil mencari tahu di berbagai situs dan forum, lisensi yang dijual dengan harga murah mulai dari Rp.60.000 hingga Rp.200.000-an ini merupakan lisensi hasil hacking yang bisa jadi adalah lisensi OEM, lisensi Volume maupun lisensi Retail. Karena didapatkan dari cara yang tidak baik, maka meraka menjualnya dengan harga murah.

Nah, kalau kalian tanya lisensinya original atau nggak? ya lisensinya tetap original karena yang mengeluarkan tetap dari Microsoftnya, hanya saja cara mendapatkan lisensinya ini melalui cara yang tidak baik dan tidak semestinya.

Baca Juga : Merawat Laptop Lama Biar Bisa Buat Kerja

So, akhirnya hal ini kembali kepada kalian sebagai konsumen, ingin pakai lisensi resmi? lisensi hasil hacking? atau pakai crack saja? Silahkan kamu tentukan sendiri ya… Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat, menambah pengetahuan dan tentunya dapat membantu kalian ya…

Terima kasih sudah bekunjung~! baca juga artikel lain dari saya ya…

Related Posts