Menu Tutup
Kenapa Microtransaction Game Bisa Laku Keras? - Rezpect Blog

Kenapa Microtransaction Game Bisa Laku Keras?

Microtransaction Game – Game merupakan salah satu pilihan bagi kita untuk menjadi media menghibur diri yang paling mudah untuk didapatkan, cukup dengan smartphone kita sudah bisa mendapatkan hiburan sesuai dengan selera kita. Namun, sadarkah kita kalau microstransaction atau transaksi uang di dalam game secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari hobi kita ini?

Ya, semua game yang beredar sekarang ini, terutama game mobile sudah pasti memiliki microstransaction yang cukup menggiurkan dengan memberi tawaran yang sangat menggoda untuk dibungkus, mulai dari item terbaru, gacha box, item limited, hingga buff untuk mempermudah permainan.

Hal ini secara tidak langsung sudah merubah cara kita menikmati sebuah game, dimana yang awalnya penuh usaha untuk mendapatkan sesuatu menjadi dimanjakan dengan berbagai item yang dengan mudah kita dapatkan dengan sejumlah uang.

Sebenarnya, kenapa sih kok microtransaction game laku kreas sekarang ini?

Konsep Bermain Game Berubah !

Game awalnya dibuat untuk having fun dimana kita bisa menghabiskan waktu luang dengan memainkan game. Mari kita lihat di zaman awal munculnya game konsol, game hadir dengan konsep sederhana dimana game ini dibuat untuk having fun, semua orang bisa memainkannya & tidak harus hebat dalam bermain untuk bisa menikmatinya.

Namun, sekarang game berubah menjadi sangat kompetitif, dimana persaingan antar pemain sangatlah ketat, kemampuan bermain menjadi poin penting karena semua berlomba-lomba untuk mencapai peringkat tertinggi dan menjadi pemain terkuat, pemain terhebat. Ini tentu sangat memberi dampak ketika di tengah persaingan yang seru ini, sang developer menawarkan jalan pintas melalui microtransaction dimana kamu bisa leveling dengan lebih mudah jika mengeluarkan sejumlah uang.

Baca Juga : Kunci Kemenangan Speed Drifters yang Kamu Harus Tahu!

Semua Terhubung dengan Internet

Ya, kemunculan internet menjadi salah satu faktor yang merubah konsep bermain game, ini sangat terlihat jelas ketika kemunculan PS3 dan semakin berkembangnya game di perangkat PC. Internet menjadi media yang membuat semuanya terhubung, termasuk dalam game, kita bisa berinteraksi dengan pemain lain dengan internet, bersaing di leaderboard, hingga bermain bersama untuk menyelesaikan tantangan.

Hal ini tentunya tidak di sia-siakan oleh para developer game, mereka juga memperluas sumber penghasilan dengan menawarkan berbagai hal menarik untuk para pemainnya, mulai dari Downloadable Content yang bisa menambah pengalaman bermain hingga berbagai macam item menarik yang bisa digunakan saat bermain dan menambah koleksi (skin, emoticon, background music, dsb).

Baca Juga : Trik Dapatkan 1000 Apex Coin Gratis di Apex Legends

Ego dan Persaingan

Persaingan yang seru dalam sebuah game tentunya membuat ego pemain menjadi sangat tinggi sehingga persaingan antar pemain ini bisa menjadi sangat luas, tidak hanya bersaing dalam menyelesaikan permainan atau dalam leaderboard atau rangking namun juga bersaing dalam hal lain seperti koleksi item, koleksi skill, achievement, dan semacamnya.

Hal ini dimanfaatkan oleh developer sebagai sumber penghasilan dengan merilis item yang hanya bisa kita dapatkan dengan membeli melalui microtransaction.

Baca Juga : Cara Topup Special Force 2 Playpark dengan ACash MY

Kesimpulan

Microtransaction game laku keras karena para playernya bisa menerima perubahan tersebut. Awalnya, kita hanya mengeluarkan uang untuk membeli base game (DVD atau Lisensi Game), sekarang kita mau mengeluarkan dana lebih untuk menikmati fitur tambahan. Hal ini sudah terjadi dan kita tidak bisa mundur ke sistem game zaman dulu.

So, semuanya kembali ke kalian sebagai player, saya sarankan kalian harus bisa benar-benar bijak saat akan transaksi dalam sebuah game, pastikan yang kamu dapatkan dari transaksi tersebut worth it dan memberi manfaat besar dalam pengalaman bermainmu. Jangan sia-siakan uangmu untuk hal yang tidak bermanfaat dan selalu hati-hati dalam bertransaksi, karena tidak semua developer itu baik dan selalu memprioritaskan pada pengaman bermian para pemainnya.

Baca Juga : Restaurant City Facebook Kembali! Gini Cara Maininnya…

Semoga pembahasan saya tentang microtransaction game kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini~!

Related Posts