Menu Tutup
Membersihkan Disk C Penuh - Rezpect Blog

Membersihkan Disk C Penuh di PC / Laptop Windows

Membersihkan Disk C Penuh di PC – Disk sebagai media penyimpanan di PC Desktop maupun Laptop menjadi salah satu komponen yang penting untuk dirawat dan diperhatikan karena semua yang kita kerjakan tersimpan disana, jangan sampai media penyimpanan tersebut sampai rusak, apalagi kalau belum sempat untuk di backup. Pusing deh tuh, semua koleksi game, koleksi film, hingga kerjaan dan semua file penting langsung lenyap.

Nah, maka dari itu, penting untuk kita sebagai pengguna PC untuk selalu merawat Disk entah itu Harddisk maupun SSD agar tetap sehat sehingga bisa bekerja secara optimal, cepat dan terus awet minimal selama masa sehatnya sebuah PC yaitu 3 sampai 5 tahun.

Poin utamanya adalah, jangan biarkan Disk C kamu penuh! Pastikan kamu selalu menyisakan setidaknya 30GB space kosong di Disk C, kenapa? Karena itu merupakan space untuk Windows menyimpan temporary file selama menjalankan berbagai aplikasi, terutama untuk aplikasi berat seperti Photoshop, Premiere Pro serta software lain yang membutuhkan ruang untuk menyimpan temporary file saat dijalankan.

Baca Juga : Pengaruh Cooling Pad Pada Temperature Laptop

Membersihkan Disk C Penuh di Windows

Disk Clean Up Windows - Disk C Penuh - Rezpect Blog
Antarmuka Disk Cleanup – Windows 10

Untuk membersihkan Disk C penuh di PC Desktop maupaun Laptop Windows, kita sebenarnya tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ke-3 di internet karena Windows sudah menyediakan aplikasi Disk Cleanup. Lalu, bagaimana cara mengakses dan menggunakan aplikasi ini?

  1. Buka Windows Explorer (Windows + E)
  2. Klik kanan pada Disk C lalu pilih Properties
  3. Pada window Properties, klik pada button Disk Cleanup pada bagian capacity
  4. Akan muncul window Disk Cleanup, klik button Cleanup system files untuk memindai seluruh sampah yang ada di sistem Windows kalian.
  5. Setelah proses pemindaian selesai, kalian tinggal memilih tipe file yang ingin kalian hapus. Saya sarankan untuk menghapus file temporary, recycle bin, file sisa update windows, dan thumbnail yang bikin Disk C kalian penuh.
  6. Setelah itu klik OK untuk memulai pembersihan

Saran

  • Lakukan pembersihan dengan Disk Cleanup secara terjadwal dan juga pada saat PC kamu selesai memasang update Windows terbaru karena Windows Update pasti akan menyisakan file sampah.
  • Pastikan Disk C kamu menyisakan ruang setidaknya 30GB untuk ruang temporary bagi aplikasi yang sedang kamu jalankan.
  • Hanya install aplikasi penting di Disk C, aplikasi lain dan game install di disk lain.
  • Buat partisi yang rapi dan spesifik. Contoh C: untuk sistem & app penting, D: untuk Tugas & Kerjaan, E: untuk Film & Game.

Baca Juga : Merawat Laptop Lama Biar Bisa Buat Kerja

Tambahan

Berikut beberapa tambahan dari penulis berdasarkan pengalaman penulis yang setiap hari nggak bakal lepas dari PC. Silahkan diikuti dan semoga sedikit tambahan dari penulis berikut bisa bermanfaat untuk merawat Disk di PC kalian.

Gunakan CCleaner

CCleaner by Piriform - Disk C Penuh - Rezpect Blog
Aplikasi CCleaner dari Piriform

CCleaner adalah aplikasi dari Piriform yang menawarkan berbagai kemudahan dalam merawat PC kalian terutama pada Penyimpanan, Privasi dan Registry. Hanya dengan 1x klik, CClenaner akan melakukan pengecekan pada PC kalian dan menampilkan jumlah sampah, tracker dan registry yang menumpuk di dalam sistem yang bisa kamu hapus untuk tingkatkan performa dan ruang kosong di PC kalian.

Untuk pembersihan yang lebih baik, kalian bisa gunakan Custom Clean dan memilih bagian mana saja yang ingin kalian bersihkan. Silahkan baca detail tiap pilihan untuk mengetahui bagian mana yang akan dibersihkan ya biar nggak ada file yang tidak sengaja terhapus.

Selain itu, juga ada berbagai Tool buat kamu yang terlalu mengenal Windows. Beberapa tool tersebut seperti Uninstaller, Software Updater, dan Pengaturan Startup. Selain itu juga ada tool bermanfaat seperti Duplicate Finder, Disk Analyzer dan Disk Wiper.

Baca Juga : Suka Bermain Game? Berikut Tips Main Game di Laptop Kalian !

Lakukan Defrag Disk Secara Terjadwal

Aplikasi Disk Defrag - Disk C Penuh - Rezpect Blog
Aplikasi Disk Defrag bawaan Windows – Windows 10

Defrag adalah sebuah metode maintenance untuk mengoptimalkan PC. Sistem kerjanya adalah dengan mengurutkan setiap file yang disimpan di dalam disk agar rapi dan mudah untuk ditemukan. Sederhananya seperti mengurutkan seluruh buku yang ada di perpustakaan sesuai dengan abjadnya. Tentunya bila semua file tertata urut dan rapi maka Windows akan dengan mudah menemukan file yang sedang kita cari kan?

So, pastikan kalian melakukan defrag disk secara terjadwal ya! Windows sendiri menyediakan fitur Scheduled optimization seperti yang ada di tangkapan layar saya diatas.

Pasang SSD

Bila kalian performa PC Dekstop atau Laptop kalian kurang maksimal, silahkan pasang Solid State Disk atau SSD yang performa Read dan Write-nya lebih cepat dan stabil. Selain itu SSD juga tahan guncangan, cocok banget untuk kalian yang pakai Laptop dan sering wara-wiri tenteng-tenteng laptop.

Saya sarankan untuk beli setidaknya SSD dengan kapasitas 250GB. Kenapa? ya biar lebih lega aja ya kan, sistem operasi Windows itu sudah memakan sekitar 30GB dari SSD kamu, belum dengan aplikasi tambahan lain yang kalian butuhkan untuk kerja seperti Office, Photoshop, AutoCAD, dan berbagai aplikasi lain.

Cek rekomendasi SSD untuk PC Dekstop dan Laptop kamu dari penulis di halaman berikut ini !

Baca Juga : Aplikasi Download Driver Otomatis Nggak Pake Ribet !

Itulah sedikit artikel dari penulis yang membahas Cara Membersihkan Disk C Penuh di PC Desktop dan Laptop Windows beserta beberapa tips pribadi dari penulis. Semoga sedikit pengetahuan penulis ini dapat bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini~!

Related Posts

Tinggalkan Balasan