Menu Tutup
Kingdom Come Deliverance - Mengatasi Drop Performance Laptop - Rezpect Blog

Mengatasi Drop Performance Laptop Saat Main Game

Mengatasi Drop Performance Laptop – Performa memang menjadi poin utama dalam bermain video game di perangkat PC, mau itu desktop ataupun laptop. Kenapa? karena performa optimal akan memberikan pengalaman bermain terbaik mulai dari tampilan hingga kenyamanan selama menikmati visual, fitur hingga cerita yang diberikan oleh sang developer game.

Salah satu kasus yang sering ditemui oleh para pengguna laptop saat bermain game adalah drop performance yang secara tiba-tiba muncul, yang paling sering adalah turunnya FPS ketika kita menjalankan game, mulai dari yang turun 10 FPS saja hingga drop yang luar biasa hingga tidak layak untuk dimainkan.

Kenapa bisa terjadi hal ini? dari pengalaman penulis, ada beberapa kemungkinan diluar kerusakan hardware yang berarti merupakan masalah teknis yang mungkin bisa saja fatal dan sulit untuk diperbaiki mengingat laptop memiliki komponen yang kecil dan detail karena dirancang seportable mungkin agar bisa dibawa bepergian.

Langsung saja, mari kita bahas trik mengatasi drop performance laptop saat main game..

Baca Juga : Mengatur Icon Taskbar Rata Tengah di Windows 10

Mengatasi Drop Performance Laptop Saat Main Game

Sebelum masuk ke beberapa tips yang saya sarankan untuk kalian coba, trik ini akan memberikan hasil bila spesifikasi laptop kalian secara teknis mampu menjalankan game dengan lancar. Sederhananya, spesifikasi laptop kalian setidaknya memenuhi minimum requirement dari game atau lebih baik bila mampu memenuhi recommended requirement. Untuk mengetahui hal ini, kalian bisa mengunjungi situs game-debate dan lakukan pengecekan sesuai spesifikasi laptop. Berikut contoh hasil test laptop saya untuk WRC 8 di game-debate :

Kingdom Come : Deliverance GD Test Result - Rezpect Blog
Kingdom Come : Deliverance GD Test Result – Rezpect Blog

Jika persyaratan diatas sudah terpenuhi, silahkan lanjut baca tips dibawah karena berarti seharusnya secara teknis, spesifikasi laptop kalian mampu untuk menjalankan game tersebut dengan lancar dalam pengaturan grafis yang disarankan oleh game-debate.

1. Update Driver GPU

Cara paling mudah mengatasi drop FPS saat memainkan game adalah dengan melakukan update driver GPU laptop kalian ke versi yang terbaru, cara ini akan sangat manjur apabila kalian ingin bermain game PC rilisan terbaru mengingat driver GPU akan terus mendapat update agar dapat menjalankan seluruh game dengan optimal.

Pastikan driver GPU kalian merupakan versi terbaru sehingga dapat bermain video game dengan nyaman. Kalian bisa gunakan aplikasi resmi dari vendor GPU laptop kalian seperti Nvidia GeForce Experience atau Radeon Software Adrenalin.

Baca Juga : Panduan Mengaktifkan Immersive Search Windows 10

2. Re-Install Driver GPU

Jika trik pertama tidak berhasil, silahkan kalian coba untuk melakukan re-install driver GPU laptop kalian, bisa melalui aplikasi resmi dari Nvidia / Radeon, atau bisa juga menggunakan aplikasi 3rd party seperti DDU dari Guru3D. Pastikan untuk memilih opsi clean uninstall ya biar benar-benar bersih.

Cara ini dapat mengatasi masalah drop performance karena mungkin saja terdapat masalah tertentu pada proses installasi ataupun update driver GPU sebelumnya seperti yang pernah penulis alami.

3. Maintenance Laptopmu

Trik ke-3 dari saya adalah coba kalian lakukan maintenance laptopmu, seperti pembersihan sampah temporary di disk (bisa pakai CCleaner) dan juga melakukan defrag HDD serta optimalisasi SSD (jika sudah pakai SSD). Cara ini dapat mengatasi drop performance yang diakibatkan penuhnya Disk C atau karena posisi file tidak rapi karena terlalu sering memindah-mindahkan file.

Selain maintenance dari sisi software, kalian juga bisa maintenance hardware laptop kalian dengan membersihkan kipas dan hardware lainnya agar sirkulasi panas dapat lebih optimal. Kalian juga dapat mengganti pasta CPU dan GPU dengan pasta yang lebih optimal dalam menghantarkan panas sehingga processor bisa lebih dingin.

Klik disini untuk membaca artikel kami tentang pembersihan media penyimpanan dan pengaruh Disk C penuh pada performa PC.

4. Gunakan Pendingin Eksternal

Tips terakhir, kalian bisa pakai pendingin eksternal seperti Cooling Pad ataupun Pendingin Vacuum. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan laptop kalian dan pastikan posisi kipas sesuai dengan lubang pendinginan di laptop kalian ya biar optimal, jangan asal bungkus Cooling Pad aja.

Berikut penjelasan dari kami tentang Pengaruh Cooling Pad Pada Temperature Laptop

Baca Juga : Mending Beli PC Gaming atau Konsol Buat Main Game?

Itulah beberapa saran dari saya untuk mengatasi drop performance laptop saat digunakan untuk bermain video game. Trik diatas saya sarankan ke kalian karena dari pengalaman saya, beberapa trik diatas berhasil memberikan impact yang cukup baik untuk membantu menaikkan FPS atau setidaknya menstabilkan FPS selama bermain game.

Kalian boleh sharing di kolom komentar trik yang mana yang work di laptop kalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga dapat bermanfaat ! Jangan lupa share ke teman-teman kalian bila tips dari saya membuahkan hasil untuk kalian. Cheers~!

Kingdom Come Deliverance Screenshot by Rivaldi Gabriello

Related Posts

Tinggalkan Balasan