Menu Tutup

6 Cara Mencari Modal Usaha untuk Bisnis

Cara Mencari Modal Usaha - Rezpect Blog

Modal Usaha merupakan bagian penting untuk memulai sebuah usaha. Tanpa adanya modal yang memadai, akan sulit untuk kita dalam menjalankan bisnis yang kita rintis. Maka dari itu, sering kali muncul pertanyaan “Bagaimana sih cara mencari modal usaha?”.Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas 6 cara mencari modal usaha untuk kalian yang ingin memulai sebuah bisnis.

Selain memiliki kemampuan dalam berbisnis, kalian juga harus memperhatikan kemampuan keuangan kalian yang mendukung jalannya sebuah perusahaan. Kemampuan berbisnis yang kalian miliki akan bermanfaat jika didukung dengan modal usaha yang mencukupi.

Berikut ini beberapa cara untuk mengumpulkan dana untuk memodali bisnis kalian yang saya kutip dari situs duwitmu.com.

Dana Pribadi

Menggunakan dana pribadi merupakan salah satu cara paling bijak untuk memulai sebuah usaha. Dana ini bisa didapat dari tabungan pribadi milikmu atau dari hasil menjual aset berharga.

Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu mengenai prospek kedepan dari bisnis tersebut, apakah menjanjikan atau tidak. Memulai bisnis menggunakan dana pribadi mengharuskan kalian untuk menghitung dengan cermat karena dana pribadi tidak hanya untuk bisnis saja, namun juga untuk kebutuhan keluarga.

Pinjaman

Cara yang kedua adalah dengan mendapatkan pinjaman modal usaha dari Bank. Salah satunya ada Kredit Multiguna (KMG), program pinjaman dana dengan memberikan jaminan seperti kendaraan bermotor, rumah atau properti semcamnya.

Bunga dari KMG ini umumnya berkisar antara 9 hingga 12 persen dengan jangka waktu 5 hingga 20 tahun, menyesuaikan dengan banyaknya uang yang dipinjam.

Disampung itu juga ada KUR yang memberikan bunga subsidi 5 persen per tahun yang juga dapat kamu manfaatkan untuk modal usaha.

Menjalin Kerjasama

Kalian juga dapat memulai usaha dengan teman dekat atau dengan keluarga. Dalam hal ini, rekanmu dapat memberikan bantuan entah itu dalam bentuk modal ataupun bantuan dalam operasional sehari-hari.

Ketika menjalin kerjasama dalam bisnis, pastikan untuk membuat sebuah kesepakatan mengenai pembagian hasil usaha agar tidak ada yang merasa dirugikan. Cara yang aman adalah dengan membuat keterangan tertulis dengan dibubuhi tanda tangan untuk antisipasi ketika ada hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Investor

Cara yang satu ini sekilas mirip dengan poin sebelumnya, namun yang membedakannya adalah Investor hanya akan memberikan bantuan berupa dana tanpa ikut terlibat dalam operasionalnya.

Dalam sistem kerjsama dengan Investor, pastikan kalian membuat sebuah kesepakatan tertulis tentang pembagian hasil diantara kedua belah pihak besetra tanda tangan untuk meminimalisir masalah dikemudian hari.

Banyak Start-Up yang menggunakan dana dari investor atau Venture Capital (VC) untuk memulai usahanya.

Pinjaman dari Keluarga atau Teman

Umumnya, mendapatkan pinjaman dari teman ataupun keluarga lebih bersahabat walaupun nominal yang diberikan tidak sebanyak pinjaman dari bank.

Untuk opsi ini, silahkan kamu pertimbangkan mengenai implikasi atau dampak yang kamu terima ketika meminjam dari orang terdekat, termasuk ketika suatu saat pengembalian uangnya menunggak atau terlambat.

Pelatihan

Opsi terakhir yang bisa kamu pilih adalah dengan mendapatkan modal usaha dari lembaga pemberdayaan ekonomi seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) ataupun PBB ILO.

Umumnya, mereka akan mengadakan pelatihan atau workshop yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Kamu bisa coba mengikuti acara tersebut karena biasanya akan ada informasi mengenai akses modal usaha di acara tersebut.

Baca Juga : Berbagi File Gratis dan Dapat Uang dari SFile.mobi

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu dalam menjalankan bisnis. Jangan lupa untuk cek artikel kami lainnya!

Tinggalkan Balasan