Menu Tutup

Vivaldi Browser, Paket Lengkap Untuk Browsing Sehari-hari

Vivaldi Browser untuk Membuka Situs Rezpect Blog

Vivaldi Browser – Browsing sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang umum kita lakukan untuk mencari informasi, baik itu untuk mencari update berita, membaca ulasan, mencari konten hiburan hingga melakukan kegiatan produktif seperti menulis artikel, mengunggah video dan mengunggah file ke cloud storage.

Karena hal itu, Web Browser menjadi aplikasi penting yang harus kita perhatikan, baik dari kecepatannya, berbagai fitur yang ditawarkan hingga sistem keamanan privasinya. Tentu kita perlu sebuah browser yang dapat menjamin kenyamanan browsing dengan tampilan dan berbagai fitur yang ditawarkan dan juga tentang keamanan data personal pengguna selama browsing.

Baca Juga : Mengenal 4 Tipe Media Penyimpanan Seagate untuk PC

Vivaldi Browser dapat menjadi perambaan web andalan kalian untuk berselancar di dunia maya berkat berbagai fitur yang ditawarkan. Browser ini dirancang oleh mantan pendiri dan mantan CEO Opera Software yaitu Jon Stephenson von Tetzchner dan Tatsuki Tomita.

Kenapa penulis merekomendasikan browser satu ini kepada kalian? berikut alasannya. Informasi ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Browser Berbasis Chromium

Halaman About - Vivaldi Browser
About Vivaldi – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Iya, Vivaldi merupakan browser atau perambaan web berbasis proyek open source Chromium. Maka dari itu, kalian akan merasa familiar dengan tampilan browser satu ini sehingga tidak sulit ketika kalian ingin beralih dari browser chromium lain ke browser Vivaldi.

Selain itu, kalian pastinya tetap bisa menikmati berbagai fitur khas browser chromium seperti mode gelap, pinned tab, full screen mode, PDF viewer dan yang paling penting adalah ekstensi chrome.

Sinkronisasi Data Browser yang Simple, Aman & Cepat

Sync Setting - Rezpect Blog
Vivaldi Sync Setting – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Browser yang memiliki tagline “0 Tracking. 1 Million way to make it yours.” ini memiliki fitur sinkronisasi antar perangkat yang sangat usefu. Kita dapat dengan mudahnya mensinkronkan data browser kita dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Kita cukup login ke akun Vivaldi dan data dari browser kita secara real-time akan disinkronkan sehingga kita dapat dengan mudah berpindah perangkat saat browsing.

Sebagai contoh, kalian sedang membaca artikel di PC, karena ada kegiatan yang mengharuskan keluar rumah, kalian bisa memindahkan tab yang sedang kalian baca ke Vivaldi Browser di smartphone kalian.

Tracker & Ad Blocking Bawaan yang Powerful

Tracker & Ad Blocking Setting - Vivaldi Browser - Rezpect Blog
Tracker & Ad Blocking Setting – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh Vivaldi Browser adalah Tracker dan Ad Blocking bawaan. Fitur ini akan disarankan oleh browser untuk kita aktifkan saat pertama kali membuka Vivaldi. Terdapat 3 opsi yang dapat dipilih yaitu No Blocking, Block Trackers dan Block Trackers & Ads. Jadi, kalian tidak perlu lagi mengunduh ekstensi AdBlock pihak ketiga.

Level untuk blocking tracker dan iklan dapat kita ubah di halaman setting. Selain itu, kita juga dapat menambahkan whitelist situs mana saja yang aman kita akses tanpa mengaktifkan Tracker & Ad Blocking.

Baca Juga : Mengatur Icon Taskbar Rata Tengah di Windows 10

Menumpuk Tab dan Membagi Layer

Tab Stack & Splitscreen - Vivaldi - Rezpect Blog
Tab Stack & Splitscreen – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Tab Stack dapat kalian gunakan untuk mengumpulkan beberapa tab menjadi satu. Fitur ini akan sangat membantu saat kalian sedang melakukan research untuk mengerjakan tugas ataupun riset untuk sebuah pekerjaan. Selain membuat jajaran tab yang terbuka menjadi lebih rapih, setiap tab yang terbuka dapat kalian kelompokkan sesuai kebutuhan. Jadi, kalian tidak terlalu pusing saat mencari tab yang ingin kalian baca dari puluhan tab yang berjejer di browsermu.

Tidak hanya menggabungkan, kalian juga dapat mengganti nama stack tersebut sehingga jadi lebih gampang mengenali kumpulan tab yang sudah kalian buat. Kalian juga bisa menyandingkan beberapa tab yang ada di stack dengan memilih opsi “Tile Tab Stack”. Fitur ini sangat membantu kalian yang sedang ingin mencari referensi dari beberapa situs dan ingin membandingkannya.

Side Panel, Simpan Situs Favorit dan Buka Situs Dalam versi Mobile

Side Panel - Vivaldi - Rezpect Blog
Side Panel – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Side Panel merupakan fitur favorit dari penulis. Kenapa? karena fitur ini sangat bermanfaat, kita dapat membuat list situs favorit kita dan situs tersebut akan tersemat di bagian sisi kiri browser. Situs yang telah kita tambahkan ke Side Panel dapat kita buka sewaktu-waktu dengan menekan icon-nya. Panel samping akan terbuka dan memuat situs tersebut dalam tampilan mobile. Bisa dibilang, Side Panel merupakan tab untuk browser versi mobile yang terpisah dari tab utama yang secara default memuat situs dalam versi desktop.

Yang menarik, dengan fitur Side Panel ini, kita dapat mengakses situs yang memiliki fitur mobile only seperti Instagram. Jadi, tanpa perlu memasang ekstensi tambahan, kita bisa secara langsung melakukan posting foto ataupun video melalui halaman Instagram yang kita buka melalui Side Panel.

Screen Capture Bawaan

Screen Capture - Perambaan Web - Rezpect Blog
Screen Capture – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Dari beberapa browser yang sudah pernah penulis coba, sebagian browser atau perambaan web tidak memiliki fitur screen capture bawaan sehingga kita harus mencari ekstensi tambahan untuk bisa mengambil tangkapan layar. Namun, Vivaldi Browser sudah memiliki fitur screen capture bawaan, bahkan memiliki fitur yang cukup lengkap.

Terdapat opsi Full Page Screen Capture dimana browser akan mengambil tangkapan layar seluruh halaman website dari header hingga footer. Selain itu juga terdapat opsi Selection Screen Capture dimana kita dapat dengan bebas menentukan bagian mana yang akan kita ambil tangkapan layarnya.

Baca Juga : Backup Semua Foto Instagram yang Pernah Kamu Posting

Gesture, Speed Dial dan Quick Command untuk Kontrol Cepat

Quick Command - Vivaldi - Rezpect Blog
Quick Command – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Umumnya, browser hanya memiliki fitur shortcut saja untuk mempermudah mengontrol browser. Salah satu contoh yang umum seperti ALT + Panah Kiri untuk kembali ke halaman sebelumnya. Sebenarnya, ini adalah fitur bawaan browser berbasis chromium. Namun, untuk Vivaldi Browser berbeda, browser ini memiliki banyak fitur tambahan yang semakin memanjakan penggunanya dalam bernavigasi dengan adanya fitur Gesture, Speed Dial dan Quick Command.

Gesture

Gesture, layaknya smartphone touchscreen, Vivaldi Browser juga memiliki fitur gesture yang dapat mempermudah pengguna dalam bernavigasi, baik itu kembali ke halaman sebelumnya, reload halaman, menutup tab, mengembalikan tab, dsb. Gesture ini sendiri dapat digunakan tanpa harus memiliki layar touchscreen, bisa juga digunakan dengan cursor mouse.

Kalian juga dapat mengatur gesture sesuai kebutuhan dengan berbagai opsi fungsi yang dapat kalian pilih. Untuk yang merasa fitur ini anonying, kalian bisa mematikannya melalui halaman setting.

Speed Dial

Speed Dial umumnya ada di halaman Start Page, kotak-kotak thumbnail yang menampilkan beberapa situs yang dapat langsung kita kunjungi cukup dengan satu klik saja yang ada di Start Page saat kita membuka browser maupun membuka tab baru.

Namun, untuk di Vivaldi, Speed Dial dapat kita tambahkan sebuah Nickname yang memiliki fungsi yang sederhana namun sangat berguna, apa itu? Fungsinya yaitu saat kita ingin berpindah halaman atau membuka tab baru, kita dapat mengetikan nickname tersebut di Address Bar dan situs akan langsung terbuka tanpa kita harus menuliskan alamat lengkapnya.

Quick Command

Quick Command memiliki fungsi layaknya Console atau Command Line yang bisa kita panggil dengan menekan F2. Quick Command memiliki tampilan layaknya kolom pencarian. Pada kolom tersebut kita dapat menuliskan berbagai fungsi atau perintah cepat.

Beberapa fungsi yang dapat kita gunakan adalah mencari tab yang sedang terbuka, mencari histori browsing, mencair bookmark, mencari perintah Vivaldi, dan berbagai fungsi useful lainnya. Semua perintah yang dapat kita gunakan di Quick Command dapat kita lihat pada halaman Quick Command Guide di situs resmi Vivaldi.

Baca Juga : Membersihkan Disk C Penuh di PC / Laptop Windows

Putar Video Picture-in-Picture

Picture-in-Picture Video - Vivaldi - Rezpect Blog
Picture-in-Picture Video – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Fitur satu ini sangat membantu sekali ketika kita sedang sibuk mengerjakan suatu pekerjaan. Dengan fitur picture-in-picture ini, kita tetap bisa melihat video yang sedang kita putar di browser, baik itu tab yang sedang kita buka ataupun background tab. Kenapa? karena video yang diputar di picture-in-picture akan menjadi melayang dan selalu berada di atas sehingga tidak akan tertutup oleh window lain yang sedang kita buka.

So, walau sedang sibuk, kita tetap bisa menikmati konten video, mungkin sambil dengerin playlist favorit di YouTube, menyimak pertandingan eSport team jagoan ataupun sekadar menyimak obrolan podcast favorit kita.

Notes Manager

Note Manager - Perambaan Web - Rezpect Blog
Note Manager – Review Vivaldi Browser – Rezpect Blog

Satu lagi fitur menarik yang ingin penulis angkat di artikel ini, yaitu Notes Manager dimana kita bisa membuat catatan secara langsung di Vivaldi Browser, jadi ga perlu repot buka Notepad ataupun Sticky Note. Kita tinggal pilih teks yang ingin di catat, klik kanan dan pilih Copy to Note. Teks yang kita copy akan langsung masuk ke Tab Note yang ada di Side Panel.

Fitur ini sangat membantu untuk kalian yang ingin merangkum artikel ataupun mengumpulkan quotes, kalimat menarik, ide-ide seru atapun tautan penting yang kita temukan saat sedang browsing.

Baca Juga : Pengaruh Cooling Pad Pada Temperature Laptop

Itulah sedikit ulasan (yang sebenarnya cukup panjang) mengenai berbagai fitur yang menjadi poin menarik dan kelebihan dari Vivaldi Browser yang mungkin bisa membuat kalian menjadi tertarik untuk mencoba browser yang satu ini. Sebenarnya, draft awal dari artikel ini poinnya tidak sebanyak ini, namun akhirnya penulis tidak bisa membuatnya cukup pendek karena penulis rasa banyak poin menarik yang harus penulis bagikan di artikel ini.

So, semoga artikel ini dapat memberikan gambar untuk kalian yang lagi kepo dengan browser yang satu ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa cek artikel lain yang penulis bagikan di situs ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan