Menu Tutup

Memahami Spesifikasi Headset, Ketahui Sebelum Membeli

Memahami Spesifikasi Headset - Rezpect Blog

Memahami Spesifikasi Headset (Gaming/non-Gaming) – Headset merupakan perangkat yang tidak hanya berfungsi sebagai media output suara, namun juga berlaku sebagai media input suara karena sudah dibekali dengan microphone, baik itu menempel secara permanen pada headset, ataupun modular atau dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

Membicarakan soal headset, untuk kita yang mungkin tidak terlalu paham soal audio, mungkin akan sulit dalam mengetahui mana headset yang bagus, mungkin ada sebagian orang yang bisa mengetahui kualitas perangkat audio hanya dengan mendengarnya, namun hal itu tidak bisa selalu dilakukan, apalagi saat berbelanja melalui marketplace online. Biasanya, kita hanya akan disuguhi spesifikasi detail produk tersebut melalui teks di kolom deskripsi.

Baca Juga : Situs Nonton Anime Legal di Indonesia

Lalu, bagiamana cara kita membaca dan memahami spesifikasi tertulis tersebut? Nah, para artikel kali ini, penulis ingin sedikit berbagi agar kalian dapat memahami spesifikasi headset dari rincian spesifikasi yang tertulis di deskripsi produk pada box, kertas panduan, deskripsi produk dan website resmi-nya.

Memahami Spesifikasi Headset

HyperX Headset - Memahami Spesifikasi Headset - Rezpect Blog
HyperX Headset – Memahami Spesifikasi Headset – Rezpect Blog

Disini penulis akan membagi headset menjadi 2 bagian, yang pertama adalah bagian headphone sebagai media yang mengeluarkan suara, dan microphone sebagai media masukan suara seperti penjelasan yang sudah penulis sampaikan di bagian pembuka tadi diatas. Langsung aja, mari kita bahas dari bagian headphone.

Spesifikasi Bagian Headphone

Spesifikasi Headset - Memahami Spesifikasi Headset - Rezpect Blog
Spesifikasi Headset – Memahami Spesifikasi Headset – Rezpect Blog

Umumnya, produsen headset akan mencantumkan detail spesifkasi headphone seperti pada foto yang penulis lampirkan diatas. Yang perlu kalian lakukan adalah memperhatikan spesifikasi yang tertulis dan membandingkannya sesuai dengan penjelasan berikut ini…

Driver Speaker

Driver Speaker merujuk pada ukuran lingkar dari speaker yang terpasang di headphone. Semakin besar ukuran diameter speaker, maka semakin luas pula suara yang dihasilkan. Umumnya ukuran diameter dari driver speaker adalah 50 milimeter (mm), terutama untuk headset tipe gaming yang mengharuskan seluruh detail suara dapat terdengar dengan jelas.

Driver Type

Driver Type merupakan tipe magnet yang digunakan oleh speaker dari headphone. Semakin kuat dan semakin fleksibel membran dari magnet yang dipakai, maka semakin bagus pula suara yang dapat dihasilkan oleh speaker headphone kalian.

Untuk tipe dari driver yang digunakan oleh speaker headphone, umumnya ada 3 tipe yaitu Ferit, Anilco, dan Neodymium. Tipe Neodymium merupakan tipe dengan ukuran yang ukurannya kecil namun paling kuat.

Baca Juga : Vivaldi Browser, Paket Lengkap Untuk Browsing Sehari-hari

Frequency Response

Frequency Response adalah nilai dalam satuan hertz untuk mengukur kemampuan driver dalam menangkap frekuensi dimana frekuensi rendah untuk Bass dan frekuensi tinggi untuk Treble. Untuk Frequency Response, semakin luas rentang frekuensinya, maka semakin banyak jenis suara yang dapat dikeluarkan.

Umumnya, rentang frekuensi yang digunakan pada sebuah headphone antara 20HZ hingga 20.000HZ. Untuk rentang yang lebih lebar, biasanya akan dijual dengan harga yang lebih mahal.

Sensitivity

Sensitivity adalah tingkat sensitivitas driver dalam mengenali sinyal elektronik untuk menggetarkan membran speaker. Sensitivity ini diukur dalam satuan desibel (dB). Semakin tinggi desibel suatu speaker, maka semakin sensitif headphone tersebut.

Impedance

Impedance ini merupakan tingkat hambatan daya yang masuk ke dalam driver dengan satuan Ohm (Ω). Untuk menilai ini, semakin rendah nilai Ohm, maka semakin besar daya dan volume dari headphone tersebut. Umumnya, headphone memiliki Impedance sekitar 32Ω.

Spesifikasi Bagian Microphone

Spesifikasi Microphone - Memahami Spesifikasi Headset - Rezpect Blog
Spesifikasi Microphone – Memahami Spesifikasi Headset – Rezpect Blog

Lanjut ke bagian microphone. Bagian ini juga memiliki spesifikasi tersendiri karena sebagai media input audio. Microphone ini berguna untuk merekam suara pengguna seperti untuk voice chat, rekam narasi dan sebagainya.

Frequency Response

Mirip dengan Frequency Response pada headphone, Frequency Response pada microphone berguna untuk mengubah frekuensi akustik dari suara yang masuk menjadi voltase listrik. Makin tinggi kualitas audionya maka semakin tinggi pula frekuensinya. Umumnya, frekuensi microphone ada pada rentang 20HZ sampai 20.000HZ.

Baca Juga : Mengatasi Masalah 100% Disk Usage Windows 10

Pattern Penangkapan Suara

Pattern penangkapan suara ini merupakan cara microphone menangkap suara yang ada di sekitarnya. Umumnya ini terdapat 4 pola yaitu Stereo, Cardioid, Omnidirectional dan Bidirectional.

Sensitivity

Sensitivity pada microphone ini merupakan besaran output listrik yang mampu diproduksi untuk sound pressure, sensitivitas ini diukur dalam satuan Desibel (dB). Semakin tinggi Desibelnya, semakin tinggi pula tingkat sensitivitas dari microphone-nya.

Impedance

Impedance pada sebuah microphone adalah patokan untuk mengukur hambatan daya dalam satuan Ohm (Ω). Untuk memahami kualitas microphone, kita perlu melihat nilai Ohm ini, makin rendah nilainya maka semakin baik kualitas audio yang dihasilkan oleh microphone tersebut.

Baca Juga : Rekomendasi Game Bercocok Tanam PC / Steam

Itulah berbagai detail yang perlu kalian perhatikan saat ingin membeli headset. Memahami spesifikasi yang tepat sangat penting sebelum kalian membeli calon headset kalian. Kenapa? tentunya agar kalian tidak merasa rugi dan kecewa karena salah pilih.

Sebagai catatan, beda orang bisa beda preferensi atau selera headset, ada yang suka bassnya nendang banget, ada yang lebih suka balance, dan berbagai preferensi lainnya. So, pastikan kalian tahu tipe apa yang cocok untuk selera kalian.

Related Posts

Tinggalkan Balasan