Menu Tutup

Kenapa Suka JKT48 ? Berikut Alasannya…

Kenapa Saya Suka JKT48 ? - Rezpect Blog

Kenapa Suka JKT48 ? – Ketertarikan penulis dalam menonton dan mengikuti Idol Group JKT48 bukan untuk menikmati visual para member, rok pendek + paha, atau hasrat seksual lain layaknya asumsi orang-orang diluar fandom JKT48 yang bahkan tidak mau terjun ke lapangan untuk riset secara langsung. Saya bisa mengamini kalau memang ada obrolan seperti “Aduh! Chika cakep banget hari ini!” atau ucapan lain bermakna sama yang muncul dalam obrolan para fans yang kebetulan terdengar atau terbaca oleh orang awam. Namun sebenarnya, hal tersebut hanyalah bumbu yang membuat fandom JKT48 semakin menyenangkan.

Kenapa saya bilang hanya sebagai bumbu? Karena sudah sewajarnya bila seorang performer yang tampil dan menghibur di atas panggung untuk selalu tampil cantik dan menarik agar para penonton dapat tertarik dan nyaman selama menyaksikan pertunjukkan yang mereka bawakan. Lalu, apa alasan yang membuat penulis konsisten dalam menonton dan mengikuti perkembangan JKT48?

Baca Juga : Lagu Solo Member JKT48 yang Harus Kamu Dengerin !

Pada artikel ini, penulis akan mencoba untuk membahas serta memberikan alasan yang penulis harap dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Kenapa Suka JKT48?

Musik dan Lirik yang Bagus

Kenapa suka JKT48?- Musik dan Lagu yang Bagus
JKT48 – Rapsodi at JKT48 Theater (Photo by @OfficialJKT48)

Ya, mungkin ada dari kalian yang tidak percaya dengan alasan di poin pertama ini. Namun, memang penulsi sendiri sangat suka dengan lagu-lagu dari JKT48, karena memiliki musik yang khas jejepangan disertai lirik yang unik yang mengangkat kisah anak-anak muda dengan pemikirannya.

Jika kita membahas lebih dalam mengenai lagunya, AKS yang dalam hal ini merupakan perusahaan yang menaungi seluruh 48 Group sangat pandai dalam meracik lagu, mereka dapat menghadirkan lagu yang ringan dan menyenangkan walau sebenarnya memiliki lirik yang sarat akan makna kehidupan. Dan, yang paling saya sukai adalah mereka bisa menciptakan lagu yang memiliki lirik sedih, namun diiringi dengan musik dan tarian yang penuh semangat.

Pengalaman Nonton Pertunjukkan yang Berbeda

Kenapa Suka JKT48? - Pengalaman Nonton yang Berbeda
JKT48 Performance at Live Concert (Photo by @RDNADN)

Buat kalian yang sudah pernah melihat pertunjukkan theater, performance di TV atau secara tidak sengaja melihat JKT48 tampil di acara off-air, pasti bisa memahami apa yang saya maksud di poin ini. Ya, setiap performance JKT48 selalu hadir dengan vibe yang seru dan menyenangkan, baik itu dari penampilan para member yang perform di atas panggung, ataupun dari antusiasme para fans yang hadir untuk menonton idolanya.

Lightstick, chant, tepuk tangan, wotagei dan berbagai aksi seru sering kali dilakukan oleh para fans saat JKT48 tampil membawakan lagu di atas panggung. Ini memang sudah menjadi “budaya” dari para pecinta idol jepang dimana mereka memiliki gerakan dan sorakan tersendiri untuk menyemangati idolanya yang sedang tampil.

Vibe seperti ini akan sangat terasa saat JKT48 mengadakan event sendiri, baik itu theater reguler, konser, pemilihan member, atau bahkan saat mini concert di acara handshake festival.

Konsep Idola yang Unik

Kenapa Suka JKT48? - Konsep Idola yang Unik
Jessi – Christy – Freya – Azizi (#TGIFreday Photo by @Freya_JKT48)

Ketika JKT48 hadir di Indonesia, mereka mengusung konsep “Idol You Can Meet” atau idola yang bisa kalian temui hampir setiap hari, yaitu melalui pertunjukkan theater reguler yang diselenggarakan di mall fX Sudirman Lantai 4, Jakarta Pusat. Setelah sekitar 5 tahun meramaikan industri musik di Indonesia, fans JKT48 semakin banyak dan tersebar di seluruh Indonesia. Melihat besarnya antusiasme para fans, akhirnya JKT48 mengubah konsep awalnya menjadi “Idol Who Will Come to Meet You” yang mana mereka akan datang ke berbagai kota di Indonesia melalui acara JKT48 Circus. Event yang menggabungkan handshake festival dengan mini concert ini sukses dan menarik banyak fans baru di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan konsep unik ini, JKT48 sukses membuat para fans merasa dekat dengan idolanya, mereka dapat bertemu dengan idolanya kapanpun saat sedang “kangen”, baik dengan cara berkunjung ke theater untuk menonton pertunjukkan atau bertemu dengan idolanya di event JKT48 Circus yang sedang diselenggarakan di dekat tempat tinggal mereka untuk para fans far.

Disamping itu, para gadis yang lolos audisi dan masuk ke JKT48 umumnya belum memiliki skill yang matang, baik itu skill dalam menari, bernyanyi ataupun berbicara dan berinteraksi dengan para fansnya. Kita diajak untuk melihat potensi member dan mendukungnya hingga akhirnya mereka menjadi idola yang ideal. Menurut penulis, inilah yang membuat JKT48 menarik untuk di ikuti. Kita tidak hanya menikmati performance mereka di atas panggung, lagu-lagu mereka, konten-konten mereka saja, namun juga progress perkembangan para membernya.

Baca Juga : Membedah Lirik Lagu bareng Member JKT48 di MEMBELA JKT48

Interaksi Idola Dengan Fans yang Intim

Kenapa Suka JKT48? - Interaksi Idola Dengan Fans yang Intim
Handshake with Shania Gracia – High Tension HSF 2019 (Source)

Dengan konsep idola yang sudah penulis paparkan diatas, interaksi antara idola dengan para fans akan terbentuk menjadi lebih dekat, lebih akrab dan intim. Hal ini dapat kita lihat dengan antusiasme fans di berbagai kegiatan yang diadakan oleh JKT48, baik theater regular, handshake event, konser, circus, janken dan sousenkyo.

Pertunjukan reguler di thetaer menjadi tempat para fans untuk melihat perkembangan member yang mereka dukung. Seperti apa progress idola mereka di atas panggung hari ini? apakah sudah tidak malu-malu saat sesi MC? apakah sudah bisa berbaur dengan teman-temannya di panggung? apakah dance-nya semakin keren? dan sebagainya.

Di momen-momen tertentu, fans akan mengadakan perayaan theater (diluar perayaan resmi seperti ultah theater dan ultah JKT48). Beberapa contohnya seperti ucapan untuk idolanya yang naik tim, ucapan untuk idolanya yang pertama kali perform di theater, memperingati sekian ratus show idolanya, memperingati ulang tahun tim, dsb. Perayaan seperti ini diramaikan dengan berbagai project seperti banner ucapan, karangan bunga ucapan, membagikan sticker, atau minuman gratis oleh fanbase.

Bila pertunjukan theater sebagai tempat untuk melihat progress idola dan berbagai project fanbase, maka handshake event dan handshake festival menjadi wadah untuk para fans berinteraksi dengan idolanya. Dengan membeli tiket handshake, fans memiliki kesempatan untuk ngobrol secara langsung dengan idolanya sembari berjabat tangan. Ada yang menggunakan sesinya untuk bercerita dan ngobrol ringan, namun tidak jarang juga ada fans yang memberi masukan kepada idolanya agar bisa semakin baik saat tampil di atas panggung.

Interaksi Antar Fans yang Seru

Kenapa Suka JKT48? - Interaksi Antar Fans yang Seru
Fans JKT48 Trip ke Surabaya Nonton 8th Anniversary JKT48 (Photo by @InshanityJogja)

Tidak hanya interaksi dengan para member yang membuat fandom JKT48 menjadi seru, tetapi interaksi antar sesama fans JKT48 juga tidak kalah menyenangkan. Hal ini dapat kita lihat dengan banyaknya komunitas di dalam fandom ini yang terus membuat berbagai kegiatan dan project. Yang paling umum dilakukan adalah dengan membentuk komunitas antar sesama fans JKT48, baik itu membentuk fanbase skala daerah kabupaten / kota, membentuk fanbase skala provinsi sampai membentuk aliansi fans seluruh regional. Walau begitu, tidak sedikit fans yang membentuk circle ngidol kecil berisikan 6 orang.

Di dalam fanbase atau komunitas ini, mereka membuat berbagai kegiatan yang seru seperti pertemuan rutin, belajar chant, cover lagu, cover dance, membuat project untuk konser atau event JKT48 tertentu, nonton bareng konser (seperti foto diatas) dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Baca Juga : Cover Lagu JKT48 Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di YouTube

Itulah beberapa alasan kenapa orang-orang menyukai idol group JKT48 (termasuk alasan dari penulis sendiri). Mungkin terdapat beberapa poin yang diluar perkiraan kalian karena artikel ini merupakan opini penulis yang terbentuk dari pengalaman dan observasi selama ngidol. Selain poin-poin diatas, visual para membernya tentu memiliki poin yang cukup tinggi dalam menarik minat orang-orang yang akhirnya menyukai JKT48. IDNTimes dan MAMEN.ID sudah pernah melakukan survey kepada Fans JKT48 dan menghasilkan data yang cukup menarik untuk kalian lihat, kalian bisa lihat datanya via tautan berikut :

That’s it, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian seputar Fandom JKT48 dan syukur kalau malah jadi tertarik untuk ikut “nyebur” di kolam per-idol-an lokal ini 😁.

Related Posts

Tinggalkan Balasan