Menu Tutup

Memindahkan File via CMD Saat Install Ulang Windows

Memindahkan File via CMD Saat Install Ulang Windows

Memindahkan File via CMD – Tidak bisa dipungkiri kalau Command Prompt atau CMD masih menjadi tool penting di sistem opreasi Windows 10, baik itu untuk development ataupun recovery. Mungkin untuk mayoritas orang yang sehari-harinya hanya menggunakan Windows 10 secara esensial seperti browsing, pekerjaan office, foto editing dan semacamnya, fitur CMD hampir tidak tersentuh. Tetapi fitur ini sebenarnya sangat penting untuk berbagai kebutuhan mendesak.

Salah satu fungsi dari CMD adalah saat kita lupa memindahkan data ketika melakukan install ulang Windows. Contoh skenarionya adalah ketika kalian sudah memasuki proses install ulang Windows 10 namun ternyata format Hard Disk atuapun SSD komputer kita tidak didukung oleh Windows 10 sehingga kita perlu melakukan convert dari MBR ke GPT. Yang jadi masalah adalah, saat kita mengubah format disk, semua data di dalam storage akan hilang. Maka kita perlu melakukan backup data sedangkan Windows 10 di partisi C: sudah kita hapus.

Baca Juga : Mengatasi Masalah 100% Disk Usage Windows 10

Dalam kondisi seperti ini, CMD dapat kita manfaatkan untuk memindahkan data dengan mudah. Bagaimana caranya? silahkan ikuti step-step berikut ini dengan cermat.

Memindahkan File via CMD Saat Install Ulang Windows

Panduan ini saya buat untuk skenario dimana kalian sudah terlanjur menghapus partisi C: saat ingin install ulang Windows 10 sehingga sudah tidak ada jalan untuk kembali ke desktop. Maka dari itu, panduan ini dimulai dari posisi window pemilihan partisi untuk di install Windows 10 fresh.

  1. Pasangkan media penyimpanan lain seperti hard disk eksternal, SSD eksternal, memory card ataupun flashdisk berkapasitas cukup besar untuk menampung file yang ingin kalian backup.
  2. Pada window pemilihan partisi, tekan tombol Shift + F10 untuk membuka window Command Prompt.
  3. Untuk melihat list storage yang sudah terbaca oleh PC kalian, ketikkan perintah diskpart lalu dilanjutkan dengan perintah list disk. Untuk keluar dari diskpart, kalian tinggal ketik exit.
  4. Setelah muncul window Command Prompt, kalian dapat berpindah ke partisi dimana ada file yang akan dipindahkan dengan mengetikan huruf partisi tersebut, contohnya D: lalu tekan Enter.
  5. Setelah berpindah partisi, kalian dapat melihat isi partisi ataupun isi folder dengan mengetikkan perintah dir.
  6. Untuk masuk ke dalam folder, kamu dapat ketikkan perintah cd foldername lalu tekan Enter, contohnya seperti cd foto. Sebaliknya, untuk kembali ke folder sebelumnya atau keluar dari folder saat ini, kalian dapat ketik perintah cd .. lalu tekan Enter.
  7. Setelah menemukan file ataupun folder yang ingin di backup, kalian dapat memindahkan file atau folder tersebut dengan perintah robocopy. Contohnya seperti robocopy D:\foto F:\backup\ /E /MOVE.
  8. Tunggu proses pemindahkan file atau folder hingga selesai. Setelah itu, kalian tinggal mengulangi prosedur diatas hingga seluruh file atau folder selesai kamu backup ke storage eksternal kalian.
  9. Setelah selesai, kamu dapat melanjutkan proses convert format dari MBR ke GPT dan melakukan install ulang seperti biasa.

Baca Juga : Mengenal 4 Tipe Media Penyimpanan Seagate untuk PC

Mengkonversi Format Disk dari MBR ke GPT via Command Prompt DISKPART

Untuk kalian yang masih bingung bagaimana cara melakukan konversi format storage dari MBR ke GPT, berikut penulis tunjukkan caranya.

  1. Masuk ke Command Prompt menggunakan shortcut Shift + F10.
  2. Setelah muncul window Command Prompt, ketikkan perintah diskpart.
  3. Untuk melihat daftar storage dan kode storagenya, ketikkan list disk.
  4. Setelah kamu mengetahui kode storage yang ingin kamu ubah formatnya, kamu dapat memilih storage tersebut dengan mengetikkan perintah select disk 0 (sesuaikan dengan disk yang kamu pilih).
  5. Ketikkan clean untuk membersihkan storage tersebut (seluruh data akan hilang dengan perintah ini).
  6. Untuk mengubah formatnya, kalian bisa ketik convert GPT. Untuk format MBR, kalian tinggal ketik perintah convert MBR.
  7. Setelah proses convert selesai, kamu dapat close window Command Prompt dan lanjutkan proses instalasi Windows mengikuti wizard.

Baca Juga : Mengatur Icon Taskbar Rata Tengah di Windows 10

Itulah panduan singkat untuk melakukan Backup File atau Memindahkan File via CMD di window atau wizard instalasi Windows 10. Ini merupakan cara paling mudah untuk melakukan backup file ketika kalian sudah terlanjur menghapus ataupun melakukan format partisi C.

Semoga panduan dari penulis dapat membantu kalian mengamankan file-file penting kamu. Jika kalian masih bingung dengan panduan diatas, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya via kolom komentar dibawah. Cheers~!

Related Posts

Tinggalkan Balasan