HP Android Samsung Restart Sendiri, Penyebab dan Cara Mengatasi

 



HP Samsung restart sendiri secara tiba-tiba bukan berarti rusak, sehingga apabila mengalami masalah tersebut tak perlu panik. Karena sebenarnya hal tersebut cukup umum dan banyak dialami oleh hampir semua pengguna ponsel Android kelas menengah ataupun smartphone keluaran lama.

Meski terbilang wajar, namun pengguna juga harus memahami apa saja penyebab yang dapat membuat perangkat Samsung restart sendiri berulang ulang. Sehingga kalian bisa mencari solusi untuk mengatasi dan mencegah agar permasalahan ponsel restart sendiri tersebut tidak muncul kembali.

HP Samsung restart sendiri ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada bagian memory atau terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Akan tetapi permasalahan hp restart sendiri ini juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem operasi atau pada perangkat itu sendiri.

Penyebab Hp Samung Restart Sendiri

Ketika mangalami masalah tersebut tentu akan sangat menjengkelkan, apalagi terjadi secara tiba tiba ketika sedang asyik bermain game. Saat permasalahan tersebut terjadi tentu kita akan penasaran, serta mencari penyebab kenapa masalah tersebut bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa perkara yang bisa jadi penyebab hp Samsung restart sendiri, salah satunya adalah adanya crash pada sistem, serta RAM dan memori internal yang penuh. Untuk menjawab rasa penarasan, kali ini Bursa HP Samsung akan membahas beberapa penyebab mengenai permasalahan tersebut.

1. Bug atau Cacat Sistem

Penyebab pertama dan yang paling mungkin bisa membuat hp Samsung restart sendiri adalah adanya bug atau cacat pada sistem android. Biasanya hal ini terjadi karena disebabkan oleh efek dari gagal update atau kerusakan karena kita menginstal aplikasi tertentu.

Masalah ini tentu sangat menjengkelkan, dimana ponsel Samsung akan mengalami restart secara terus menerus hingga bug atau cacat sistem diperbaiki. Untuk memastikannya, coba kalian ingat apa saja yang sudah kalian instal sebelum masalah tersebut terjadi.

2. Sistem Android Crash

Penyebab hp Samsung restart sendiri berikutnya yaitu karena tejadinya crash pada sistem android. Mirip dengan permasalahan bug sebelumnya, sistem crash ini juga terjadi disebabkan karena mengistal aplikasi tertentu yang tidak kita ketahui keamanannya.

Jadi apabila hp Samsung mengalami sistem crash maka kemungkinan besar smartphone yang kita gunakan akan mengalami masalah reboot sendiri. Apabila permasalahan sistem crash ini tidak segera diatasi maka akan sangat menjengkelakan untuk pengguna.

3. Kapasitas RAM Penuh

Selanjutnya, penyebab lain dari masalah hp Samsung restart sendiri adalah karena kapasitas memori RAM yang sudah penuh. Ini biasanya terjadi pada hp Samsung dengan kapasitas RAM terbatas, sehingga apabila RAM penuh maka kinerja sistem akan terganggu.

Selain menyebabkan kinerja Samsung menurun, masalah RAM penuh ini juga bisa membuat smartphone restart sendiri secara berulang ulang. Sehingga bijaklah dalam menjalankan aplikasi, serta seringlah melakukan Cek RAM HP Samsung untuk melihat sisa dan total RAM.

4. Memori Internal Penuh

Sama seperti permasalahan diatas, memori internal hp Samsung penuh juga bisa mengakibatkan handphone restart sendiri berulang ulang. Tak hanya itu, memori internal penuh juga dapat mengakibatkan sistem pada hp menjadi lag dan juga terkadang crash.

Sehingga kami sarankan ke semua pengguna untuk secara rutin Membersihkan Memori Internal HP Samsung miliknya. Hal ini juga bertujuan agar kinerja Samsung tetap terjaga serta tidak ada data cache menumpuk yang dapat membuat ponsel restart sendiri.

5. HP Mengalami Over Heat

Over heat atau panas yang terlalu berlebihan karena pemakaian tidak wajar juga dapat menyebabkan hp Samsung kita restart sendiri. Panas pada handphone memiliki batas toleransi, apabila sudah melebihi batas yang disarankan maka sistem akan restart sendiri guna menghindari kerusakan.

Cara Mengatasi Hp Samsung Restart Sendiri

Setelah memahami apa saja penyebab atau biang kerok dari masalah hp Samsung restart sendiri yang kalian alami saat ini. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan yaitu mencari solusi atau cara yang cukup ampuh dan efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Jika masalahnya sepele maka bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke Service Center Samsung atau tempat service handphone. Ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk mengatasi ponsel Samsung restart sendiri yang bisa kamu coba sendiri. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini :

1. Bersihkan Data Cache

Untuk mengatasi hp Samsung restart sendiri, cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan membersihkan data cache ponsel. Caranya cukup mudah, namun jika belum tahu cara melakukannya kamu bisa ikuti panduannya pada artikel Cara Menghapus Cache di Hp Samsung.

Sebagai alternatif kalian juga bisa instal aplikasi Clean Master untuk bersihkan cache android secara keseluruhan dengan mudah dan cepat. Aplikasi pihak ketiga untuk membersikan cache tersebut tersedia secara gratis dan bisa kalian unduh di Play Store.

2. Update Aplikasi Terpasang

Cara mengatasi hp Samsung restart sendiri yang satu ini cukup mudah, kita hanya perlu melakukan update semua aplikasi yang terpasang. Dimana aplikasi yang tidak terupdate memiliki bug yang rawan terkena virus sehingga bisa membuat sistem menjadi crash.

Untuk melakukanya, kamu hanya perlu buka aplikasi Play Store lalu pilih opsi My Apps Installed kemudian tekan tombol Update. Namun apabila setelah melakukan update, handphone mengalami restart sendiri secara tiba tiba kamu bisa tekan tombol Remove Update.

3. Atur Pola Pemakaian

Cara mengatasi hp Samsung restart sendiri berikutnya ialah dengan mengatur pola pemakaian handphone, terutama ketika sedang bermain game. Hal ini bertujuan untuk mencegah over heat atau panas berlebihan pada smartphone yang tentu dapat mebuat hp restart sendiri berulang ulang.

Ketika bermain game, apabila hp Samsung sudah terasa terlalu panas lebih baik istirahat terlebih dahulu. Hindari memainkan ponsel ketika sedang di cas karena dapat membuat ponsel panas, selain itu juga bisa memperpendek usia pemakain baterai. Untuk mengetahui kesetan baterai, kalian bisa melakukan Cara Cek Baterai Samsung.

4. Lakukan Facory Reset

Cara terakhir untuk mengatasi hp samsung restart sendiri yaitu dengan melakukan facory reset. Dimana cara ini bisa kamu coba apabila kesemua metode diatas masih belum berhasil untuk memperbaiki ponsel Samsung yang mengalami restart sendiri beruang ulang.

Dengan melakukan factory reset maka semua pengaturan ponsel akan kembali ke pengaturan pabrik sepert pertama kali kita membelinya. Caranya cukup mudah, namun apabila masih belum paham kamu bisa menyimak turorialnya pada artikel Cara Reset Hp Samsung Semua Tipe.

Kesimpulan

Umumnya hp Samsung yang restart sendiri dengan tiba tiba bukan hal yang berbahaya, selama masalah itu masih berkaitan dengan sistem. Namun hal ini tentu sangat menjengkelkan, kami sarankan untuk berhati-hati lagi dan memperhatikan masalah pada handphone yang kamu gunakan.

 

 

0 Comments